***********-***********

saya rutin terima sampel buku dari luar negeri

setiap kiriman itu, pasti kena charge antara 3000 sampe 7000 perak, tergantung ukuran paket.
katanya, itu bea bungkus ulang, dan mau gak mau emang dibayar.
utk sampel CD, biasanya kena pajak lagi, biarpun di invoice udah jelas2 ditulis FREE, kecuali kalo dikirim pake DHL ato FEDEX. kalo lewat pos, mesti tarik urat dulu sama tukang posnya.

pernah juga ada yg kirim buku sekardus gede, saya dicharge sampe 700ribu
terjadilah adu gertak sbb:

N: itu charge buat apa pak?
P: buat pajak bu
N: pajak apa?
P: pajak bea masuk
N: kenapa kena bea masuk?
P: semua barang yg dibeli dari luar negeri dan masuk ke indonesia pasti kena bea masuk N: tapi bapak liat dong di invoicenya, itu kan tulisannya sample alias gratis. Itu bukunya bukan buat dijual lagi tapi cuma sampel aja
P: sama aja bu
N: sama gimana? udah jelas2 saya gak beli, kenapa mesti bayar pajak? lagian, pajaknya mahal amat. Ngitungnya gimana sih?
P: ya, kalo itu kan bisa diatur bu
N: diatur gimana?
P: ya ibu ke sini dulu aja, ntar saya urus biar pajaknya bisa turun
N: emang bisa ditawar? kalo saya gak mau bayar, trus gimana?
P: nanti barangnya saya kembaliin ke luar negeri
N: o gitu... ya udah, balikin aja gih sana pak. Emangnya bapak punya duit buat kirim balik ntu barang? mahal loh pak
P: ya kan bisa dimusnahkan juga bu oleh negara
N: o, ya udah. silakan aja dimusnahkan. saya mah gampang, bisa minta kirimin lagi aja sampelnya

gak disangka2, 3 hari kemudian ntu kardus udah ngejugruk di mejaku :-)
cuma kena bea bungkus ulang ajah

hhhhhhhhhhhhhhh
korupsi di mana-mana

----- Original Message ----- From: <[EMAIL PROTECTED]>