Mba Anisah,
Menurut pengamatanku anak kecil kayaknya sudah bisa membedakan nada bicara kita dari usia 18bln. Dulu suamiku pernah bilang,jangan pernah marahin anak dengan membentak dan kontak fisik karena akibatnya anak akan kebal kalau dimarahi. Jadi sekarang kalau ngasih tau atau marah ke anakku biasanya aku ngomong pelan tapi tegas dan slalu diulang-ulang, dg harapan anakku mengerti dan dia bisa mudah dikasih tau setelah dewasa. Kadang aku berpikir, anak kecil tau apa ya kalau kita marah teriak-teriak dan mukul-mukul mereka??? Kasian juga ya. Mudah-mudahan jadi pelajaran buat papa mamanya untuk lebih sabar. Moms and Dads pernah dgr ga komentar Kak Seto bahwa "Semua anak pada dasarnya itu tidak ada yang nakal dan tidak ada yang bandel. Mereka hanya ingin tahu (rasa ingin tahunya yg besar) dan belum mengerti mana yang benar dan mana yang salah.".

-Maknya Aji-

----- Original Message ----- From: "Anisah Kurniawati" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Friday, July 21, 2006 11:58 AM
Subject: [balita-anda] Kalo anak dimarahin

Tadi malem aku abis marahin anakku Faza nih (umur 2th), bukan marah besar
sih dan ini yg pertama kalinya aku serius marah...aku cuman nyubit dia.
alasan aku marah sih simple, krn dia nendang2 mukaku kenceng banget (kita
emang lg becanda)...aku kaget sampe refleks nyubit kaki dia. trus dia
keliatan diemmmmm gitu, trus kayak ngerasa bersalah gitu en nyari BSnya
minta peluk, tp tetep diem...sampe
bbrp menit, akhirnya dia mulai sesenggukan, nangis en minta digendong aku.
oh yah tiap kali ayahnya marah (gak sering sih), dia selalu begitu...diemmm
dulu bbrp menit
sambil matanya menerawang, baru deh sesenggukan. tapi dia tau lho mana yg
marah beneran , mana yg cuman becanda. Biasanya Faza dimarahin ayahnya kalo
dia lg iseng mukul tanpa sebab.
trus yg aku mo tanyain, normal gak
sih reaksi anak 2th begitu kalo abis dimarahin. Gimana sih baiknya marahin
anak yg msh umur 2th?