dear mba wati...
kalo pengalamanku sih di rumah ibuku pake telepon
merdeka, krn dulu suka kebobolan sampe jutjutan dipake
pacaran sama adikku (maklum ABG). setelah pake merdeka
bayar tlp perbulan cuma 40-50 rb alias bayar abo plus
ppn-nya doank.

cara pasang tlp merdeka dulu sih ibuku tinggal dateng
ke kandatel setempat krn aku di jak tim datengnya ke
kantor telkom yang di daerah prumpung (klo ga salah
jalan A.yani). dulu biaya pasangnya sekitar 250rb,
trus supaya bisa tlp kita kudu beli kartu pin-nya dulu
(ibaratnya kaya pake voucher hp) jadi yang bisa nelpon
ya yang punya kartu aja. kalo ga punya kartu ya ga
bisa nelpon. biasanya papaku yang beli kartunya di
kantor telkom, harga kartunya ada yang 10rb, 20rb,
50rb, dst. pesawat tlp-nya seperti yang biasanya aja
ga usah ganti.

cuma krn pake kartu pin gitu kalo mo nelpon ya jadi
ribet krn kudu dengerin instruksi dari operatornya
dulu trs masukin pinnya dulu (kadang suka eror).
trus ya kartunya juga suka eror, waktu itu ibuku pake
kartu yang 20rb (baru gosok no pin) eh waktu di
dengerin di instruksi operatornya dibilangnya pulsanya
cuma 10rb padahal pinnya blm pernah dipake dan waktu
dipake itu baru gosok pin.

tapi biar gitu tetep aja dirumah dipasangin merdeka
krn lebih irit, sebetulnya sih sama aja krn harus beli
kartu juga alias bayar di muka, tp paling ga kata
ibuku kalo yang lain mo pake tlp bayar kartunya
sendiri kecuali u/ yang urgent ibuku mau ngasih
kartunya, but kalo dipake u/ ngobrol2 apalagi pacaran
biaya ditanggung masing2 orang aja, biar ga kaget
waktu bayar bulanannya.

sekian sharingnya moga2 bisa membantu...