Hi mbak Elly,

Jadi ingat senam hamil dulu di RSIB, 9 dari 10 wanita hamil memilih dr. Okky
jadi DSOG nya :).  Tapi memang beliau termasuk dokter yang sangat care
dengan setiap pasiennya.  Konsekuensinya, harus siap-siap 'antri' kalau mau
konsultasi.

DSOG lain yang cukup recommended juga dr. Rudiyanti.  Berapa kali saya
pernah dengar cerita kalau beliau cakap menangani masalah kehamilan dan
persalinan 'sulit' , termasuk kasus bersalin 'sulit' sekaligus 'pindahan'
pasien dari DSOG lain.

Saya sendiri konsultasi kehamilan 2 anak saya di RSIB dengan dr. Sri
Lestari. Beliau cukup 'apik' dan selalu ambil 'tindakan pencegahan',
khususnya kalau dulu pernah punya history dengan kehamilan atau kesehatan
calon ibu.  Mungkin sama dengan DSOG lainnya, hanya meresepkan vitamin
'standar', advise "nikmati aja, bu" kalau memang masih bisa menahan rasa
mual karena morning sickness, dan mungkin punya pendekatan sebagai 'ibu'
untuk para pasiennya.
Menurut saya pribadi, cocok konsultasi dengan beliau kalau calon ibu bukan
hamil anak pertama dan masa kehamilannya tidak terlalu beresiko.

Waktu bersalin Rena, tidak sempat ditangani beliau karena masih terjebak
macet padahal bukaan sudah lengkap.  So, ditangani selanjutnya dengan dr.
Joko.  Yang saya suka dari dr. Joko, walau sebagai 'dokter stand by' saat
itu, yang pertama kali dicermati dengan teliti adalah up-date data medical
record dan riwayat persalinan saya yang saya buat waktu masih bukaan 1-2.
Dari mulai bukaan 10, waktu 'push', menyusui ASI pertama kali sampai pasca
perawatan di ruang pemulihan setelah bersalin, dia tetap kontrol dan make
sure saya nggak ngalamin perdarahan lagi seperti persalinan Jovan dahulu.
Menurut saya, it's quite relieve didampingi DSOG 'stand by' ini walau
'kenal' beliau baru beberapa belas menit :)

happy choosing :)
Sylvia - mum to Jovan & Rena