----- Original Message -----
From: "Ummu Auliya" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Monday, September 25, 2006 10:03 AM
Subject: [balita-anda] Auliya kenapa yah?

> Dear all SP,
> Beberapa hari belakangan, saya perhatikan, Auliya (mau 14 bulan) sering
> "ngeces" ato berliur gitu kalo lagi excited ato lagi senang karena bisa
> melakukan sesuatu, ketemu seseorang, ato dapet sesuatu benda... ini normal
> gak yah?

Normal aja Mbak, ntar kalo udah lancar komunikasi sering2 aja diingetin buat
nelan air liurnya.

> udah gitu dia aktif sekali, bisa menempuh jalan memanjat yg orang gede aja
> kalo sampe di atasnya megap2, dan dia malah masih mau terus jalan dan
lari2
> kecil. apa gak apa2 ya itu jantungnya? bahaya gak ya? soalnya kalo
> didengerin degup jantungnya cuepet banget... seram...

Detak jantung anak kecil lebih cepet ketimbang orang dewasa. Umur segitu
lagi seneng2nya explore kesana kemari, sejauh enggak pergi dan pegang
barang2 yg berbahaya, biarin aja Mbak. Ingetin sekali-sekali buat minum air
putih, alihkan perhatiannya dan ajak main yg temponya slow begitu kelihatan
anak agak capek.

> dia juga mulai "berontak" kalo gak diturutin suka nangis kenceng, walaupun
> masih bisa dibujukin sih... kapan sih anak itu mulai ngerti kalo dilarang?

Anak beda-beda sih Mbak, ada yg ngeyel kalo dibilangin, ada juga yg nurut,
orang gede juga kan he..he..he.. Tapi diusia segitu cara melarang yang
paling efektif adalah anak diangkat dijauhkan dari tempat yg berbahaya itu,
lalu kasih kegiatan yg lain untuk mengalihkan perhatiannya. Kalo anak udah
bisa konsentrasi, udah bisa diajak komunikasi dua arah (udah bisa tanya apa,
kenapa, siapa) biasanya neranginnya lebih mudah.