Iya Mel, tergantung anaknya, ada yg malu malu dan ada yg malu maluin.
Klo gw termasuk yg malu maluin kale yak. hahahaha... soale gw klo kena
hukuman bukannya sedih malah cengengesan. Waktu SMP, punggung gw
pernah di kelipak pake buku karna gak ngerjain rangkuman sejarah.
Waktu SMP juga, pernah dihukum lari ngelilingin lapangan karna
terlambat (rame rame sih), waktu SMA pernah di suruh nyapu halaman
karna terlambat. (asli deh..dari sekolah sampe gawe gw raja terlambat)
kekeke.... tapi gw sih take it easy ajah, mang gw salah. so ngerjain
hukuman sambil becanda2 sama temen yg kena hukuman jg.

Now, di sekolah Angina (TK-B) klo ada yg bikin kesalahan di setrap di
depan kelas, angkat kaki 1 trus tangan kanan megang kuping kiri.
hahaha... Apa anak anak stress? Gak tuh, mereka malah ketawa2 aja.
Apalagi Angina, klo ada temennya yg disetrap pasti laporan, trus
nunjukin gaya disetrapnya sambil cekikikan.

Angina juga pernah disetrap, gara gara di kelas ngobrol mulu sama
temen sebangkunya. Akhirnya Angina n temennya disetrap. kekekke...
kayaknya dia udah kapok di setrap, sekarang lebih obey, jadi rajin
lho, rajin belajar, rajin ngerjain PR, gak suka ngobrol over lagi.

Well, menurut gw... kita as a parent harus cooperate sama pihak
sekolah, klo kita bersedia menitipkan anak kita di sekolah yg udah
kita pilih, itu artinya kita harus trust sama mereka. Selama
hukuman yg diberi gak membahayakan jiwa dan fisik, take it easy aja.
Toh semua itu utk kebaikan si anak jg, melatih mentalnya supaya kuat n
gak cengeng. Ngajar anak untuk berani bertanggung jwb. yahh.. in this
case, walaupun masalah keterlambatannya gak sepenuhnya salah si anak,
tapi tetep aja judulnya terlambat n siapa yg terlambat harus dihukum.
That's it. So, harusnya klo si anak merasa down dgn hukuman yg
diberikan, ortu harusnya backup dengan mensupport si anak supaya
berjiwa besar, bilang aja klo hukuman itu gak malu maluin tapi bagus
buat melatih kedisiplinan. Klo ortu ikut stress dan dendam jg sama
sekolah, itu cuman bikin si anak tambah desperado.

--
Best regards,
Angina's Mom

m> Yah, tergantung anaknya juga sih ;-)
m> Saya dijemur, dijewer, diskors, dipanggil ortunya beberapa kali, tapi enggak
m> malu kok he..he..he.. Dari TK udah distrap sama guru, jadi udah kebal
m> hukuman.

m> ----- Original Message -----
m> From: "Siska" <[EMAIL PROTECTED]>
m> To: <balita-anda@balita-anda.com>
m> Sent: Tuesday, September 26, 2006 1:54 PM
m> Subject: Re: [balita-anda] ANAKKU DIPERMALUKAN!

m> Setuju dengan mbak Lif, jangan memberikan stigma,
m> apalagi baru pertama kali melakukan kesalahan (pasti ada kan catatan
m> kesalahan untuk masing masing siswa)
m> mungkin bagi siswa yang nggak kena sanksi atau bagi gurunya, hukuman itu
m> dianggap enteng, dan minggu depannya pasti dah lupa, tapi bagi si anak belum
m> tentu.

m> Kalo menurut aku, justru sangat penting guru sekolah tersebut untuk
m> mengetahui (menanyai si anak) apa penyebab keterlambatannya, sehingga sang
m> guru bisa sekalian menasehati si anak biar besok besok tidak terulang lagi.
m> Apalagi kalo gurunya mau crosscheck sama ortunya, dan ngasih tau ke ortunya
m> untuk next time bisa kena hukuman, pasti lebih bagus lagi endingnya yaa.

m> Ingat dulu, pernah lupa bawa buku kerja harian, trus nitip ke temenku yang
m> pas istirahat ijin pulang mo ngambil (dia juga ketinggalan bukunya). Eh
m> ternyata dia terlambat balik ke kelas (padahal rumah kita deket dengan
m> sekolahan lho), he..he.. jadinya kita berdua dipanggil ke BP, and dapat
m> nasehat dech. Itu aja dah bikin malluuuuuu banget & teringat ingat sampe
m> sekarang. he...he..

m> regards
m> mama bagas

m>   ----- Original Message -----
m>   From: Lif Rahayu
m>   To: balita-anda@balita-anda.com
m>   Sent: Tuesday, September 26, 2006 1:27 PM
m>   Subject: Re: [balita-anda] ANAKKU DIPERMALUKAN!

m>   Hiks.....bener. saya jadi inget waktu saya kecil dulu. Usia 9 tahun kelas
m> 4
m>   sd. Saya gak pernah bikin ribut di kelas, tiba-tiba ada temen yang ngajak
m>   ngobrol, saya cuma nanggepin sekedarnya aja, eh, dipanggil gurunya terus
m>   saya distetrap di depan kelas. Waduh, malunya saya, itu terusss saya inget
m>   sampai berbulan2 kemudian. Kemudian, pernah saya protes gurunya, mosok 9
m>   dibilang bilangan prima, lha 9 kan bilangan ganjil, bil prima itu yang
m> tidak
m>   dapat dibagi oleh bilangan lain kecuali 1 dan bilangan itu sendiri, lha 9
m>   kan bisa dibagi 3. Yang ada, saya diomelin gurunya dan disumpahin..."Lif,
m>   beraninya bilang ibu salah, ibu doain kamu gak jadi rangking 1 lagi...".
m> Lha
m>   ya saya koq jadi dihukum karena protest pelajaran matematika, padahal kalo
m>   gurunya mau buka buku dikit aja, ketahuan deh kalo dia yg salah. Hmmm,
m> asli,
m>   sedih dan sakit hatinya saya gak ilang2 sampai berbulan2. Sayangnya ortu
m>   saya diem aja waktu itu, yah, klise lah, jaman dulu kan gitu, guru yg
m> paling
m>   benar. Untung tahun berikutnya saya pindah sd, dan benar 9 mah bukan
m>   bilangan prima.

m>   Intinya sih, jangan mudah memberi stigma ke anak, malas lah, tukang
m> ngobrol
m>   lah, tukang proteslah....lihat dulu inti masalahnya. Kalao memberi hukuman
m>   boleh, tapi please jangan ngasih stigma. Karena bisa jadi anak malah jadi
m>   malas atau bandel beneran. Kalo anak dibilang bandel, bisa jadi gedenya
m> jadi
m>   bandel beneran, karena ucapan bisa diartikan sebagai doa.

m>   Makasih, weleh, malah jadi curhat.

m>   Lif-Mama Nayma
m>   susahnya cari sekolah yg bagus