Pak, klo bisa cari penyebab batuknya aja dulu..krn
kebanyakan batuk itu krn virus or krn ada yg
mengganggu di saluran napasnya or krn alergi…
Klo baru batuk2 kecil apalagi tnp demam sihh ga perlu
obat apalagi AB…
Kasian dehhh masih baby gitu klo udah terbiasa Ab ntar
lama2 ga mempan lhooo ama AB klo misalnya ntar bener2
terinfeksi bakteri yg perlu AB...

Berikut aku sertakan file batuk  dari COMMON PROBLEMS
IN PEDIATRICS tulisan dr Wati milis sehat yaaa

SLIDE 10. COUGHS

Jika kita membaca literaratur kedokteran, sering
diungkapkan bahwa batuk merupakan suatu mekanisme
tubuh untuk mengeluarkan sesuatu yang mengganggu
saluran nafas kita, seperti dahak, riak, benda asing
(kacang, dsb).  Batuk sebagai anugerah terindah dari
Tuhan sering disikapi dengan tidak bijak oleh mereka
yang tidak memahaminya.
Andaikan kita perhatikan sejenak para pada penderita
stroke misalnya. Karena adanya gangguan dalam otak,
refleks batuknya terganggu. Akibatnya dahak menumpuk
di paru2 dan ybs umumnya mengalami pneumonia. Hingga
berefek fatal kematian pada penderita tsb.
Batuk bukanlah momok. Melalui batuk, kita tetap dapat
bernafas, karena lendir yang mengganggu saluran nafas
akan dikeluarkan saat batuk. Dengan batuk, kita
terhindari dari bahaya tersedak benda asing yang masuk
ke saluran nafas kita.

Yang terpenting yang harus kita lakukan adalah mencari
tahu apa penyebab batuk.  Infeksi kah atau bukan
infeksi.
Pada anak, batuk umumnya disebabkan oleh infeksi virus
atau oleh alergi.
Batuk akibat infeksi virus flu misalnya bisa
berlangsung sd 2 minggu. Bahkan lebih lama lagi bila
anak kita sensitif atau alergi, atau bila di rumah ada
anak lain yang lebih besar yang juga sedang sakit.
Batuk karena alergi juga bisa berlangsung lama atau
hilang timbul selama pencetus alerginya tidak diatasi.
 Alergi yang dimaksud bisa dalam bentuk alergi hidung
(Allergic rhinitis), asma, alergi suatu zat dari
lingkungan. Penyebab lainnya adalah sinusitis, reflux,
pneumonia.

Tatalaksana  :

M Cari PENYEBAB batuk.

Jika batuk disebabkan oleh produksi dahak yang
berlebihan, maka upaya yang perlu dilakukan adalah
mengurangi produksi lendir. Melalui cara :
v Minum banyak yang hangat misalnya lemon
v Jangan ada asap rokok
v Rangan jangan kering (Moist air - kamar mandi - buka
keran air panas biarkan beberapa lama sehingga
ruangan, atau taruh satu ember air panas mendidih,
atau pasang humidifier)
v Agar anak lebih nyaman, tidurkan dengan bantal agak
tinggi
v NO – ANTIBIOTICS. Ingat !  Kebanyakan batuk tidak
memerlukan antibiotik
v NO cough suppressant.  Jangan mengkonsumsi obat
penekan refleks batuk (seperti DMP). Anehnya, anak
kita sering mendapatkan obat racikan / puyer yang
salah satu kandungannya codein (sejenis narkotika)
yang tidak diketahui manfaatnya.

Pada dasarnya, TIDAK ADA yang namanya obat batuk itu.
Juga tidak ada obat pencair dahak. Cari pencetusnya !

Uci mamaKavin
http://oetjipop.multiply.com