mbak Yanti ... kaya'nya soal baby walker sdh pernah dibahas dech...
dan soal berdiri, sebaiknya jgn dulu deh mbak .. soalnya kalau belum
waktunya, sudah kita berdirikan (walaupun dlm hal ini anak sendiri yg mau
.. ) nantinya kakinya bisa bengkok atau jadi pendek ... pokoknya nggak baik
loh mbak utk pertumbuhan tulangnya, nanti saja kalau sudah diatas 6 bln....
ini kata DSA nya anak saya ( kebetulan Aldi sama seprti anaknya mbak )
btw, ini ada artikel ttg baby walker yg kebetulan waktu itu pernah saya
simpan dari milist ini juga, tapi saya lupa adri siapa ... semoga
bermanfaat...

Rgrds,

Aldi's mother

Kutipan.......
Beberapa hal yang perlu diperhatikan kalau akan menggunakan baby walker:
Kecelakaan:

§         Kebanyakan kecelakaan berhubungan dengan babywalkers terjadi pada
bayi kurang dari 12 bulan. Yang paling serius karena jatuh.

§         Sekitar 16,5 % kecelakaan karena baby walker mengenai kepala dan
memerlukan perawatan.

§         Bayi dapat mengalami luka bakar karena memegang/terkena benda yang
panas seperti membuka pintu oven atau menarik setrikaan.

§         Baby dapat mengalami keracunan karena meraih dan menelan bahan
berbahaya.

Yang perlu diperhatikan sebelum membeli Baby Walker :

·         Jika memutuskan untuk membeli pilihlah yang aman bukan sekedar
menyenangkan bayi saja.

·         Sebaiknya tidak membeli baby walker kecuali jika bapak/ibu dapat
menciptakan rumah yang aman untuk baby dengan baby walker.

·         Periksa baby walker apakah sanggup menyangga bayi Anda. Mungkin
diperlukan baby walker yang dapat menyangga 12 kg untuk dapat bermanfaat
sampai tahap berjalan.

·         Pastikan kaki dapat menyentuh lantai pada saat duduk di atas
walkernya.

·         Perhatikan bagian bawah baby walker apakah stabil dan rodanya
besar
paling sedikit 50 mm (2 inches) diameternya.

·         Periksa pakah ada bagian yang dapat menjepit jari, lengan, kaki
atau ada bagian yang tajam di baby walker tersebut.

Bagaimana membuat rumah yang aman bagi bayi dengan walkernya.

·         Hindarkan bayi Anda masuk ke area yang tidak aman untuk bayi
dengan
baby walker.

·         Baby walker hanya digunakan di daerah dengan permukaan yang
rata/datar.

·         Tutup/ halangi jalan ke tangga.

·         Tutup jalan ke pintu kaca dorong karena jalurnya dapat menyebabkan
bayi jatuh.

·         Periksa apakah ada kabel listrik di lantai, ini juga dapat
menyebabkan jatuh.

·         Pindahkan benda-benda yang dapat membahayakan bayi paling sedikit
pindahkan ke tempat yang tingginya 900 mm (3 feet)

·         Pindahkan karpet yang dapat bergeser.

·         Jangan pernah menggunakan baby walker di dapur, kamar mandi atau
tempat cuci pakaian karena disini biasanya banyak benda berbahaya. Perlu
dihindari atau berikan barier agar bayi tidak mencapai tempat ini.

·         Jangan mengangkat baby walker kalau bayi Anda masih di atasnya.
Baby walker tidak dirancang untuk ini.

·         Ikuti instruksi yang ada pada saat membeli baby walker, terutama
untuk memngunci dan mengatur tempat duduk.

·         Paling penting jangan pernah meninggalkan bayi tidak diawasi
ketika
di atas baby walker.