Ada pembersih AC udah dijual dalam bentuk jadi, bisa dibeli di ACE hardware
biar bisa sekalian liat demo nya tapi sebenernya bersihkan indoor dan
outdoor unit cukup dengan air saja, biasanya pakai air yangbertekanan
tinggi, hal ini utk melunturkan debu yag menempel di evaporator AC ataupun
di kipas.

Setuju dgn mba Hanifa, berishkan AC bisa dilakukan sendiri karena memang tdk
susah, kalau bersihkan filter nya dilakukan seminggu atau 2 minggu sekali,
kalo bersihkan unit nya bisa dilakukan tiap 2-3bulan sekali, tapi setidaknya
1th sekali kita butuh tukang AC karena idealnya freon nya dikuras habis dan
diganti baru karena kalo lama tdk diganti bakal merusak kompressor nya.

Hati2 dengan tukang service AC karena sering ada yang "nakal" pd saat
diservice suka nakal matiin ini lah matiin itulah akhirnya biaya service
jadi mahal... ;-) kalo yag sering sih bocorin freon, shg pd saat di test
nanti kita disuru liat kalo freon nya kurang dan akhirnya musti nambah
freon, selain bocorin freon ada trik lain yaitu cabut capacitor nya,
akhirnya dingin nya jadi lama, nah akhirnya disuru kuras freon atau yang
lebih jahat lagi disuru tuker tambah kompressor.

rgds,
rahman

"Kerjakanlah sesuatu secara tulus dan wajar, dan segalanya akan baik.
 Kesempurnaan terletak pada motivasi kerja, bukan pada pekerjaan"