To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Tuesday, November 07, 2006 12:48 PM
Subject: Re: [balita-anda] Tanya ciri2 bayi tdk cocok susu formula

mbak ade...
kelebihan saya dari mbak mungkin karena saya lebih banyak persiapan dibanding mbak :) dari cari2 artikel, baca2 hasil sharing, etc. jauh2 hari sebelum melahirkan saya dah baca ttg breastfeeding, dari manfaat, kendala, sampai 'kekurangannya'....
ttg sore nippel? saya juga ngalamin :)
puting saya sampai berdarah dua2nya... bentuk puting sampe kayak isi jeruk bali itu lho mbak.... karena saya tau bahwa sore nipple itu adalah karena dari salah posisi lacth-on, segera saya perbaiki .... hanya saya oleskan asi, kamilosan tidak saya pakai....

saya tetep susui sambil merem (juga) karena nahan sakit...
darah juga agak ngucur...
tapi saat itu saya pede dan bertekad bulet let let bahwa saya tidak akan beri susu formula ke bayi saya....
selain itu, seperti yg saya bilang, posisi latch on yg HARUS diperbaiki...
karena breastfeeding itu seharusnya tidak menyakitkan sama sekali..

akhirnay bener aja, setelah saya perbaiki proses lacth on, puting saya yg berdarah tidak sakit walaupun sedang menyusui.... bayi saat itu juga gumoh darah, tapi saya gak cemas, karena saya tau darah itu berasal dari payudara saya...

pemberian susu formula itu yg tampaknya menjadi awal asi mbak gak banyak.... ya kan mbak :)
bayi kalo diberi sufor, tentu dah gak mau asi lagi, karena dah kenyang
lalu kalo bayi dah kenyang, jadi gak ada yg merangsang payudara...
kalo payudara tidak dirangsang, asi gak akan diproduksi...

jadi mbak, saran saya, segera relaktasi... kalau mbak niat kuat, silahkan kunjungi pusat konsultasi laktasi ... say abisa berikan daftarnya kalo mbak mau :)

lalu, selama menyusui di awal2 hari, saya tidak minum obat2an apapun, karena saya tau obat2an itu tidak akan membantu JIKA sang ibu sendiri tidak pede...
ke-pede-an ibu berperan sampai 80% atas produksi asi....

lalu, saya juga ngalamin bayi ngamuk karena gak dapet asi... 2 hari pertama bayi saya hanya pipis 2 kali perhari karena asi saya yg tidak keluar... tapi dengan sabar dan sambil nenangin bayi saya, saya terus susui.... malah saya sampe nangis juga kok mbak... sambil nangis saya dekap bayi saya "kamu sabar ya nak... susu mama belum keluar, tapi kamu terus hisap ya... mama tau kamu marah, tapi kamu sabar ya...."

ortu sama suami saya dah rada maksa ngasi sufor, tapi, saat itu saya berpikir, kalau saya nyerah skg karena alasan gak tega, bisa2 nanti anak saya gak dapat asi ex.... saya malah merasa kejam kalo bayi saya gak mendapatkan hak asasinya (which is dapet asi dunk ya)....

konsultan laktasi sendiri bilang harus tega kan mbak? :) bayi rewel karena gak dapet asi itu pasti terjadi... tinggal pikiran mbak harus extra tenang yg disertai niat kuat.....

ayo mbak relaktasi lagi ya :)

The information transmitted is intended only for the person or the entity to
which it is addressed and may contain confidential and/or privileged material.
If you have received it by mistake please notify the sender by return e-mail
and delete this message including any of its attachments from your system. Any
use, review, reliance or dissemination of this message in whole or in part is
strictly prohibited. Please note that e-mails are susceptible to change. The
views expressed herein do not necessarily represent those of PT Astra
International Tbk and should not be construed as the views, offers or
acceptances of PT Astra International Tbk.