Apakah untuk diri, untuk nyawa sendiri, untuk anak/istri kita sendiri harus
diperhitungkan begitu detail nya? apakah asuransi itu sesuatu yg komersial? apakah
sama komersial nya dg Bank/lembaga keuangan lainnya?apakah sama dg sarana keuangan
lainnya spt obligasi, reksadana, saham yg harus pusing2 dihitung NAV nya, PV nya, Book
Valuenya, ROI (return on Investment), atau ROE nya?
Semua orang memang tidak mau "assetnya/uangnya" hilang & semua orang juga tidak ada yg
mau rugi, bahkan ingin "seaman mungkin".
Bagi saya pribadi, memiliki 1 asuransi aja sdh "Problem" apalagi punya banyak
asuransi. Kenapa sy bilang "problem"?
That's :
Sy punya 1 ASuransi Jiwa (AJ) & 1 Asuransi Pendidikan (AP), Jika (suatu saat..who
knows) saya sakit/cacat/force majeure yg buat sy ga bisa cari"income" lagi, tapi sy
tdk meninggal, bukankah sy tetap harus "bayar" premi asuransi2 sy tsb? karena AJ
"cair" hanya jk sy meninggal, mereka tdk akan peduli sy masih bisa cari duit/tidak; sy
sehat/sakit, yg penting mrk taunya sy tetap hrs bayar Premi tsb selama sy msh hidup, &
jika tdk sanggup bayar lagi, ya hanguslah AJ&AP sy tsb.

Sy bicara spt ini bukan berarti sy ga suka asuransi, tadinya sy memiliki 3 asuransi,
akhirnya sy tutup semua dg kerugian yg lumayan buat hati sy sedih banget. Justru sy
sdh ikut 1 asuransi yg bisa m'jawab & memberikan solusi bg masalah sy tsb,  bisa
m'berikan apa yg sy inginkan. Meski sy sakitpun,meski ga bisa cari income lagi, sy ga
khawatir lg dg masalah siapa yg hrs membiayai/menutupi biaya hidup sy, tdk pusing dg
kelanjutan sekolah anak sy.

Akan lebih baik jika memiliki asuransi, juga memiliki tabungan/deposito utk masa depan
keluarga/anak kita (sekolah,dsb).

regards,