Mbak, sepertinya aku adalah salah satu anak yg dari kecil harus
selalu dibimbing or ditunjukin kemauannya... Sebenarya ada sisi
positif dan ada negatifnya...

POsitifnya... Dulu aku dipaksa belajar berenang ama Ayah ku.
Belajarnya samapi aku kelelep-lelep dan banyak minum air kolam. Tapi
sampai skrg aku malah bersyukur dulu dipaksa balajar berenang ama
ortu ku, krn aku skrg sangat menikmatinya. Dulu sempet aku juga
disuruh les piano ama Ibu ku, tapi krn aku nya susah banget diajak
pergi les, maka kegiatan itu tdk jalan. Dan akhirnya skrg malah
nyesel, ndak ikutin saran ortu... Kan seneng yah klo bisa main
piano... Menurutku lhooo...

Saat mo menentukan kuliah pun aku membiarkan ayah ku yg menentukan
kuliah mana yg harus aku tekunin. Walaupun demikian aku tetap merasa
bersyukur atas itu, ternyata ortu ndak pernah salah pilih utk aku.

Negatifnya... Mungkin negatifnya jadinya aku sangat ketergantungan
dan kurang mandiri dalam menentukan jalan yg terbaik utk diriku
sendiri, takut salah dalam menentukan nasib hehehe...

Btw, saat penentuan jodoh pun Ayah ku sangat berperan. Tapi itu pun
sampai skrg masih aku syukuri... hehehe...

Kesimpulanku... Sebenarnya pilihan ortu itu pasti lah hal yg terbaik
utk anak"nya, cuma kita nya saja yg harus pandai" melihat sisi
positif yg akan kita hadapi dari pilihan ortu itu di masa mendatang.
Dan tentunya semua harus dilakukan dgn suka hati baik anaknya maupun
ortunya.

Aku sering mendengar... Anak" adalah seperti kertas/kanvas putih yg
siap utk diwarnai. Nantinya pelukisnya lah yg menentukan apakah
gambar diatas kertas/kanvas tsb terlihat bagus atau tidak... Atau
spt org awam/buta akan segalanya yg membutuhkan bantuan orang lain
utk membimbingnya ke arah yg bener...

Mudah"an aku bisa menjadi ortu yg bijaksana dan dapat membimbing
anak"ku kelak menjadi orang yg berguna bagi keluarga, negara dan
agama nya. Amiiinnn...

Waduuuhhh... jadi kepanjangan nih ceramahnya hehehe... Maaf klo ada
yg kurang berkenan...

Quoting Evariny Andriana <[EMAIL PROTECTED]>:

> aku ikut komentar lagi dong...
> sebenernya, apa yg dilakukan ortu itu adalah untuk kebaikan anaknya
> sendiri.
> Tapi kalo teori ortu memaksakan anaknya latihan piano sementara
> anaknya ngga
> menikmati, itu gimana ya? Apa ke depannya si anak bakalan bersyukur
> karena
> dulu "dipaksa".. karena banyak juga cerita2 yang ternyata si anak
> malah jadi
> hebat karena "paksaan" ortu-nya jaman dulu.
>
> aku

> musik
> [...]

Email gratis 4 MB dengan fasilitas POP3 dan SMTP.
Kunjungi Indonesia Interactive http://www.i2.co.id.