Bu Noni n Bunda Ipah

Kebutuhan pensiun bagi seseorang adalah kebutuhan yang harus dipikirkan
setelah menata keamanan finansial dasar yaitu faktor asuransi dan faktor
investasi untuk penunjang biaya-biaya yang harus dikeluarkan hingga sebelum
usia pensiun seseorang seperti biaya pendidikan, biaya mantu dll.

Untuk mempersiapkan rencana pensiun maka ada beberapa cara, mulai
dari membeli tanah, membeli saham atau menabung secara rutin, yang
jelas dana ini akan menjadi kebutuhan dalam jangka panjang.

Kebutuhan asuransi jiwa akan bertolak belakang dengan manfaat pensiun,
dimana fungsi asuransi adalah untuk mengantisipasi meninggal dini sedang
manfaat pensiun lebih cenderung antisipasi hidup terlalu lama.

Hitungan sederhana seperti si A (usia 28 thn), seandainya rencana pensiun
adalah usia 55 thn dan asumsi biaya hidup saat ini katakan Rp 5jt / bln dengan
kenaikan kebutuhan hidup 10 % / thn, katakan saat pensiun kebutuhan menjadi
60 % dari biaya normal maka paling tidak menjadi Rp 45 jt / bln dan biaya ini
akan anda butuhkan selama hidup hingga menghadap Sang Penguasa.

Nah merencanakan pensiun intinya adalah mempersiapkan bagaimana cara
membiayai kehidupan kita setelah pensiun, berapapun dana anda yang jelas
main awal kita sadar untuk menyisihkan sejumlah dana maka akan makin
terjamin nantinya.

Saat ini sudah ada program DPLK ) Dana Pensiun Lembaga Keuangan, dimana
tujuannya adalah mengelola kepentingan pensiun, program ini dapat diikuti
baik perorangan maupun perusahaan dan perusahaan yang menyediakan program
DPLK adalah seperti BNI, BRI, Allianz, Manulife dll

Dengan ikut sebagai peserta DPLK maka seseorang akan dipaksa u/ menyisihkan
iuran perbulan, manfaat saat pensiun adalah pengendapan dana yang akan dibelikan
anuitas guna membiayai kehidupan hingga saat pensiun.

Kinerja hasil investasi melalui DPLK lebih kurang akan sama dengan hasil
investasi
menabung di bank, untuk itu bagi kita yang masih relatif muda ada baiknya
mencoba
investasi alternatif seperti membeli tanah dll, termasuk pula mencoba
berinvestasi
melalui reksa-dana yang penempatannya pada saham dimana kinerjanya sangat
menjanjikan ( perkembangan return dalam 1 thn terakhir dapat mencapai hingga
60%/pa)

Demikian, semoga membantu

Salam

Rasdi