Mbak Aster... Sekedar sharing aja nih...
Mengenai Test Mantoux... malah yang jadi pertanyaan saya "apa karena batuk pilek yang
lama trus diindikasikan ada TB ?" jawaban saya adalah belum tentu.... Jangan hanya
karena batuk pilek karena saling menulari diantara satu keluarga trus dinyatakan
kemungkinan terkena TB. Dan test untuk mengetahui TB itu panjang dan tidak gampang
memvonis anak TB. Tapi zaman sekarang banyak dokter-2 yang dikit-dikit (batuk pilek
lama) trus disarankan tuk test mantoux. Sebaiknya cari second opinion dulu, baru
ditest mantoux.... Apalagi katanya test mantoux itu nyeremin bagi batita....
Oiya.. satu hal lagi, batuk pilek yang lama bisa karena :
1. Saling menulari diantara satu keluarga.
2. Alergi (debu/dingin biasanya)  dan kalo udah alergi debu/dingin biasanya ada
kecenderungan punya asma ringan.
Nah hal-hal seperti ini kita yang kadang kurang mencermatinya. Coba cek deh kalo anaks
batuk pilek berulang itu karena apa. Kalo karena saling menulari, ya... yang dewasa
kudu rajin pake masker tutup hidung & mulut bila sedang terkena flu/batuk. Dan kalo
penyebabnya alergi, sebisa mungkin dihindari pencetus alergi tsb.
Dan kalo imunisasi BCG nya gagal... ada kemungkinan gak salah suntik ??? (maaf juga
kalo balik nanya ???). Jangan semata-mata si anaks lho yang "disalahkan".... Jadi,
kalo emang gak bekas... knapa gak diulang saja ???
Begitu saja sharing dari saya... Mohon maaf kalo ada yang kurang berkenan..

Aster Virgarini Barat <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Mbak Sita, anak saya Ara (11 bulan) juga nggak ada bekas
imunisasi BCG-nya, dan ini juga saya tanyakan ke DSA-nya.
Trus minggu kemarin, DSA-nya menganjurkan test mantoux
karena waktu itu Ara batuk + pilek agak lama, dan
Alhamdulillah hasilnya sih negatif. Tapi memangnya apa
ada test lain lagi nggak sih untuk tau ada TB atau tidak ?
(maaf malah balik nanya ?)

= Ibunya Adara =

On Wed, 27 Aug 2003 08:54:44 +0700 (SE Asia Standard Time)
"Sitarasti" wrote:
>Bapaknya Zalfa, kasus ini juga terjadi pada anak saya
>Ruru. Sampai sekarang
>dia udah hampir 7 bulan bekas BCGnya juga gak ada. Setiap
> kali imunisasi ke
>DSAnya saya selalu menanyakan. Kog gak ada bekasnya.
>Nggak kayak kakaknya
>dulu. beberapa minggu sesudah imunisasi BCG langsung
>bernanah dan akhirnya
>mengering.
>DSAnya bilang gak usah diulang. toh anak yang udah
>imunisasi BCG ada juga yg
>tetep kena TBC. nanti di tes mantoux aja. gitu katanya.
>Bapak/ibu ada yang punya pengalaman sama?

> [...]

"TELKOMNet Instan Divre VI Kalimantan memberikan DISKON PROGRESSIVE kepada para
pengguna
TELKOMNet-Instan hingga 50% mulai bulan Juli hingga September 2003."