From: rosa [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, January 11, 2007 3:20 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: [balita-anda] Sharing soal ngurus passport

Mo sharing aja nih...

pan waktu itu sempet pada heboh2 soal urus passport ya?
yg biaya mahal dan dipersulit dan segala bla2 nya?

tgl 26 dec barusan aku dah coba urus sendiri passport aku dan anak2 ke
imigrasi jakarta selatan di warung buncit..(meskipun bleum jelas mo
dipake kemana...hehe...kali aja..ada rejeki?? jadi siap2 dulu....hihi)
dulu..kalo aku tanya ke travel biro..ktnya urus pasport anak2 bisa
antara 800rb sd 1 jt per anak?? weleh...

kemarin...total per anak ..kira2 aku kena 270rb...utk buku passport yg
48 halaman.

prosedurnya...total butuh 3 kali datang.

yg kudu dibawa anaknya cuma 1 kali doang...pas foto dan interview (dlm
satu hari).

rincinya:

hari 1. ambil formulir, isi dan kembalikan langsung ke loket (jangan
lupa bawa fotokopi surat2 untuk pengajuan pasport ini..aslinya juga kudu
dibawa untuk ditunjukkan doang)
           FC surat yg dibutuhkan: KK, KTP, akte nikah, akte lahir.
kalau gak punya akte lahir, bisa juga dengan ijazah (gak jelas..apakah
ijazah sma or kuliah or apa)
           plus..kalo punya pasport lama...kudu disertakan juga...
           untuk anak2...ada tambahan surat persetujuan orang
tua....beli aja di loket pembelian formulir...harganya 7rb per
lembar/per anak.
           harga formulir sendiri = 5rb.

isi aja langsung tuh formulir jadi bisa dikembalikan langsung.
setelah formulir kita serahkan ke loket...tar dapet tanda bukti untuk
bayar di kasir...bayar untuk foto..harganya 55 rb.
setelah kita bayar, kita balik lagi ke loket semula..dan dapet surat
untuk foto...
tar 2 hari setelah masukkin data...baru kita balik lagi untuk foto dan
interview.

trus...balik ke sono lagi pas setelah 2 hari...

(lebih baik pagi2 jadi bisa selesai semua dlm satu hari)
kita ambil data dulu di loket....trus ambil nomor di bagian foto.
setelah foto....kita balik lagi ke loket dan dikasih tanda bukti lagi
untuk bayar pasport ...200rb plus 5 rb (yg 5rb untuk sidik jari)

di kasir..nomor yg kita dapet itu...nomor antrian untuk interview.
setelah interview...selesai deh...

tinggal tunggu 3 hari kerja lagi..buat ambil pasport...

simple...dan gak berbelit dan dan muahal semahal kalo lewat biro jasa or
calo kan??

so...sebetulnya sih...dari yg aku lihat...sebetulnya semua tuh gampang2
aja...petugasnya juga pada baik,kok...gak mempersulit.
gak masalah apakah kita asli indonesia or WNI keturunan...
buat yg WNI keturunan....SBKRI udah gak diminta....
jdai ya...tulis aja di form kalo gak punya.....

yang membuat bete...sebetulnya adalah mereka yg gak mo sabaran dan main
sogok biar diduluin...

ini saya temukan kasat mata lhoo...

itu yg bikin beteeeee bbooo....

kalau saja semua bisa tertib dan sesuai peraturan....semua lancar dan
cepet kok....

ok deh...gitu aja sharingnya....semoga bisa buat masukkan buat temen2 yg
butuh untuk buat pasport tapi ogah jadi bahan perasan oknum...

info tambahan: jam buka kantor imigrasi dari senin ampe jumat jam 8
sampai 5 sore. dgn istirahat antara 12 sd 1 siang. kecuali hari jumat.

regards,

Rosa