Saya mo sharing juga.... Hampir sama sich dgn mbak sari. Hafiz waktu 3
bulan merah dan sedikit bengkak pada ujung penisnya. Ternyata krn
phimosis. Lubang penisnya terlalu kecil, jadi kotorannya susah untuk
dibersihkan. Dan itu membuat kotoran numpuk so bisa buat
iritasi/infeksi. Dsanya nyaranin sircumsisi tapi aku tolak karna kasian
masih terlalu kecil .dsa hanya ngasih obat aja dan sering aku kompres
pake air hangat plus dibersihkan pelan2.

Trus umur 5 bulan hafiz kalo pipis agak ngeden sedikit plus  ujungnya
juga agak bengkak dan keluar cairan kuning, seperti nanah tapi bening
banget. Dsa bilang dah wajib sircumsisi. Akhrnya setelah tanya sana sini
(dr ktr, browsing, plus ibu2 yg punya pglmn sama)aku mau.
Sebelumnya sich sempet dikasih obat juga dan mendingan.

Sebenarnya itu nggak harus sich  diobatin. Cuma ktnya itu akan sering
terulang kembali. Dan paling fatal akibatnya kalo infeksinya sampe ke
saluran kencing dan yg lainnya. Bahayaaa. Tapi banyak juga sich yg nggak
di sunat (termasuk anak dr di katrku nggak disunat, but harus extra
telaten ngurus anaknya dan mungkin yg ngasuh hrs dikasih tau).

Anak yg seperti itu nggak boleh pake diapers. Popok kain juga harus
langsung ganti kalo basah. Trus kt dsanya juga diliat dulu, nggak hanya
phimosis aja, bisa juga hernia. Trus diperhatiin juga kalo pipis mancur
nggak. Karna kalo nggak mancur lebih bahaya lagi.

Biusnya kalo masih kecil harus bius total karena tkt mengganggu jalan
operasi. Efeknya pasti ada. Tapi itu tergantung kondisi tiap anak.
Perbandingannya 1 : 100 (ato berapa ya lupa)
Jadi ya berdoa aja semoga anak kita nggak termasuk yg ke 1.

Sunatnya wajib pake metode yg lama nggak boleh laser karena kalo
phimosis itu (kt drnya ya) kotorannya numpuk di kulit bag dalam dan
sekalian dibersihkan beda dgn yg dilaser yg hanya dipotong aja (dulu
pernah liat waktu sunatan massal). Sebernya ktnya bukan laser tapi
listrik. Karna pisau/guntingnya  itu bermuatan listrik.

Pemulihan juga tergantung kondisi anak. Bisa cepet bisa lama. Kalo
anaknya dah mulai pecicilan ya otomatis lebih lama. Hrs rajin kasih
obat,nggak boleh kena air nggak banyak gerak. Waktu itu hafiz 5 harian
kali ya.  Waktu itu hafiz sering digendong biar nggak banyak gerak.

Oh ya...kasian bgt waktu proses sebelum di operasi. Karna harus test
darah, infus yg waktu itu hafiz cukup lama 3 jam lebih baru bisa nemu
buat jalan infusnya. Itupun terpaksa dr yg nyari dan spt di iris dikit
gitu. Bukan ditusuk. Ktnya para suster di rs (dari semua bagian lho) itu
nggak bisa nemu karna hafiz uratnya tipis banget dan waktu itu msh 5
bulan. Alamak ....kacian bangt anakku. Bapanya sampe nggak mau nungguin.
Nggak tega. Aku aja dah bawel bgt ma suster.masak anakku dalam 3 jam 15
kali tusuk bahkan lebih. Dah gitu harus test darah, kena jarum lagi.
Alhasil hafiz trauma. Kalo liat suster langsung jerit, nangis. Habis
operasi masih belum sadar, tapi nangisnya.....dari lahir smp saat itu
baru saat itu dia nangis selama 1 jam. Aku nggak kuat denger nangisnya,
mbahnya yg nunggu. Aku bawel bgt ma dr. ternyata kalo anak habis operasi
nangis ktnya malah bagus. Respon anaknya cp bgs. Kalo nggak ada reaksi,
diem ato bahkan tidur itu yg bahaya,

Oh ya jgn lupa kalo jd sircumsisi harus bawel lho mbak sama drnya. Tanay
setiap obat yg diminumin, infusnya de el el dah. Waktu itu aku tanay
kenapa harus diinfus khan anaknya minum susu banayk. Ternyata kalo
operasi hrs dah siap kalo apa apa enak

He...he.. Sorry ya banayk banget. Semoga berguna

Ila (Mama hafiz&dila)