Dear SP's,

Minggu kemarin, pas hari Kamis pulang kantor aku liat anakku Abel (2.5th)
lesu dan lemes. Suhu badannya mendadak panas tinggi hingga 39 derajat sore
hari. Dan Abel muntah2 dan berak2. Aku sih sempet masih tenang karena aku
pikir dia kecapekan akhirnya aku kasih obat penurun panas. tapi malamnya dia
gelisah dan tidak bisa tidur. besoknya dia muntah2 terus tidak mau makan,
dan mencret hingga 6 kali.

akhirnya aku penasaran, aku interogasi dulu suster anakku, dia jatuh tidak,
atau ada keanehan lain. dan ternyata Abel makan siang pake lauk Ikan
tongkol. padahal menu hari itu sebernya tempe. tapi Abel minta ikan. ya
sudah ama mbaknya digorengin ikan tongkol yang aku beli di langgananku di
pasar. 2 jam selang dia makan siang ternyata badannya langsung panas, ampe
mukanya merah2. dan pas malannya tidur dia samapai mengigau, dan seperti
ketakutan... teriak2 jerit2 denger suara HP, padahal bisa a tidak. ataukah
karena dia panas tingi itu ya?

Kebetulan Sara (15 bulan) tidak makan ikan, dia tetep makan tempe. jadi
alhamdulillah Sara tidak sakit. jadi hanya Kak Abel aja yang muntaber,
seharian muntah2 terus dan gak ada makanan yang masuk, meskipun minuim susu
tetep aja pada akhirnya keluar, Abel samapai lemes bgt. karena takut
dehidrasi aku langsung bawa ke UGD di graha medika. di kasih beberapa obat.
diagnosa dokter katanya muntaber dan dokter tidak secara langsung mengatakan
kalau anakku keracunan.... cuman sejauh ini anak-anakku tidak pernah
mendadak sakit yang langusng muntaber begitu, karena aku juga lumayan teges
buat hal kebersihan makanan anak, dan kondisi rumah.

selang 3 hari anakku sekarang sudah baik, dan sembuh.  Sekarang udah bisa
main2 lagi. tapi aku sebelumnya gak menduga kalau bisa samapai sakit begini.

SP's, apakah memang kemungkinan anakku keracunan ikan itu ada?? karena ada
beberapa tmen kantor dulu juga pernah keracunan, padahal biasanya dia makan
tidak ada masalah tapi suatu ketika dia makan dia langsung lemes, dan muka
bengkak semua ternyata keracunan ikan. yang kebetulan waktu itu kita makan
di Ikan Tude dan pernah juga tongkol..

Mohon pencerahannya, dan sebenernya bagaimana sih tanda2 keracunan ikan?
atau ikan apa aja yang bisa ada peluang kena racun? dan penanganan pertama
untuk keracunan itu apa sih? apakah langsung aja kita kasih kelapa ijo atau
bagaimana?
padahal biasanya aku beli ikan tongkol gak pernah ada masalah tuh selama
ini... dan di langgananku itu juga.

terima kasih
--
Yesi