Menurut saya sih mbak Sefty ada benarnya, apalagi kalo cerita ada pengalaman
org lain yg bisa diambil hikmahnya.

Emang walaupun kita bukan dokter kita juga jangan awam-awam banget sama Ilmu
kesehatan/ Ilmu kedokteran. Lagian Ilmu kedokteran itu ilmu yg real dan dekat
dengan kehidupan kita, masak iya sih kalo kita pelajari kita nggak ada
ngerti-ngertinya sedikit pun.

Kita ngerti Ilmu kesehatan bukannya untuk mengobati sendiri, tapi untk mencegah
kita jadi korban kesalahan/kelalaian dokter.

Saya punya pengalaman, dulu suara saya pernah hilang, saya udah sempet ke dr
tht dan ke RSCM yg menggunakan alat canggih untuk menoropong pita suara. Dr THT
tsb ngotot kalo saya radang tenggorokan akut tapi saya ngotot kalo saya bukan
radang akut selain tidak sakit krn saya tarik kesimpulan dari gbr teropongnya
tidak ada kelainan fisik.
Saya dikasih antibiotik keras, tapi  nggak saya minum.

Saya akhirnya ngikuti nalar saya aja, kesimpulan saya tenggorokan saya kering
sekali krn sering mengisap permen mint, saya stop penyebabnya dan saya banyak
minum saya yakin akan pulih dengan sendirinya. karena saya yakin tubuh yg sakit
akan akan pulih bila kita cukup gizi dan cukup tidur. Tidak berapa lama
Alhamdulillah suara saya keluar lagi.

Jadi lucu juga saya bisa senbuh bukan dari pengobatan dr tapi dari instink saya
aja.

Hanifa
 saya rasa kita perlu tahu  mencegah/mengobati penyakit