Bu Rosa

Kiat bermain reksadana yang aman ada 2, sbb:
1. Maksimum dana yang boleh dinvest jangan melebihi 10 %
   dari total tabungan yang ada, hal ini untuk mengantisipasi
   agar jika nilai RD sedang turun kita tak perlu panik .
2. Yang terpenting adalah jangan sesekali memakai dana  untuk
    kebutuhan jangka pendek (kurang dari setahun) untuk bermain
    reksa-dana, karena bisa jadi saat kita butuh dana dan nilai kinerjanya
    sedang turun maka disitulah difinisi kerugian.

Jika 2 hal diatas sudah dipenuhi, maka anda akan nyaman berinvestasi
dalam RD, pada prinsipnya jangan pernah berpikiran untuk membelanjakan
dana yang ada  atau anggaplah dana yang anda invest di RD seolah-olah
telah anda belanjakan sesuatu yang tidak akan dapat diuangkan kembali.

Saya pernah coba hitung seandainya saya menyisihkan uang rutin Rp 100 rb/bln
selama 10 thn, maka jika dana tersebut kita simpan ditahapan bca akan
terkumpul sekitar Rp 13 jt, jika diinvest pada reksadana berbasis campuran
maka dana tsb bisa jadi mencapai Rp 100 jt, angka ini bukan asumsi ngawur,
karena data historis RD berbasis campuran per 3 tahun ini menunjukan pada
tingkat keuntungan hingga 40 % per tahun.

Pemerintah saat ini semakin gencar mempromosikan investasi RD bagi
masyarakat guna menunjang kemampanan finasial, harap dicermati
jika anda menabung dibank untuk saat ini maka secara tidak langsung
uang kita justru akan berkurang, karena jika bunga bank yang ditawarkan
sekitar 6-8 %, sialnya angka inflasi bisa mencapai hingga 10 %, jadi
secara  perhitungan matematis kan jadinya minus...

Pada dasarnya RD hanya ideal untuk orang yang optimis dalam arti
melihat kesempatan didalam kesempitan, bukan sebaliknya alias selalu
berpikir adanya kesempitan didalam setiap kesempatan.

Selamat mencermati

Rasdi

----- Original Message ----- From: "rosa" <[EMAIL PROTECTED]>