Aku kasih jadwal IDAI 2004 ya....(ada yg terbaru kah??)

      Umur
     Vaksin
     Keterangan

      Saat lahir
     Hepatitis B-1

      Polio-0
     a.. HB-1 harus diberikan dalam waktu 12 jam setelah lahir, dilanjutkan
pada umur 1 dan 6 bulan. Apabila status HbsAg-B ibu positif, dalam waktu 12
jam setelah lahir diberikan HBlg 0,5 ml bersamaan dengan vaksin HB-1.
Apabila semula status HbsAg ibu tidak diketahui dan ternyata dalam
perjalanan selanjutnya diketahui bahwa ibu HbsAg positif maka masih dapat
diberikan HBlg 0,5 ml sebelum bayi berumur 7 hari.
        b.. Polio-0 diberikan saat kunjungan pertama. Untuk bayi yang lahir
di RB/RS polio oral diberikan saat bayi dipulangkan (untuk menghindari
transmisi virus vaksin kepada bayi lain).

      1 bulan
     Hepatitis B-2
     a.. Hb-2 diberikan pada umur 1 bulan, interval HB-1 dan HB-2 adalah 1
bulan.

      0-2 bulan
     BCG
     a.. BCG dapat diberikan sejak lahir. Apabila BCG akan diberikan pada
umur >3 bulan  sebaiknya dilakukan uji tuberkulin terlebih dulu dan BCG
diberikan apabila uji tuberkulin negatif.

      2 bulan
     DTP-1

      Hib-1

      Polio-1
     a.. DTP-1 diberikan pada umur lebih dari 6 minggu, dapat dipergunakan
DTwp atau DTap. DTP-1 diberikan secara kombinasi dengan Hib-1 (PRP-T)
        b.. Hib-1 diberikan mulai umur 2 bulan dengan interval 2 bulan.
Hib-1 dapat diberikan secara terpisah atau dikombinasikan dengan DTP-1.
        c.. Polio-1 dapat diberikan bersamaan dengan DTP-1

      4 bulan
     DTP-2
      Hib-2
      Polio-2
     a.. DTP-2 (DTwP atau DTaP) dapat diberikan terpisah atau dikombinasikan
dengan Hib-2 (PRP-T)
        b.. Hib-2 dapat diberikan terpisah atau dikombinasikan dengan DTP-2
        c.. Polio-2 diberikan bersamaan dengan DTP-2

      6 bulan
     DTP-3
      Hib-3
      Polio-3
     a.. DTP-3 dapat diberikan terpisah atau dikombinasikan dengan Hib-3
(PRP-T)
        b.. Apabila mempergunakan Hib-OMP, Hib-3 pada umur 6 bulan tidak
perlu diberikan.
        c.. Polio-3 diberikan bersamaan dengan DTP-3

      6 bulan
     Hepatitis B-3
     a.. HB-3 diberikan umur 6 bulan. Untuk mendapat respons imun optimal
interval HB-2 dan HB-3 minimal 2 bulan, terbaik 5 bulan.

      9 bulan
     Campak-1
     a.. Campak-1 diberikan pada umur 9 bulan, campak-2 merupakan program
BIAS pada SD kl 1, umur 6 tahun. Apabila telah mendapat MMR pada umur 15
bulan, campak-2 tidak perlu diberikan

      15-18 bulan
     MMR

      Hib-4
     a.. Apabila sampai umur 12 bulan belum mendapat imunisasi campak, MMR
dapat diberikan pada umur 12 bln
        b.. Hib-4 diberikan pada 15 bulan (PRP-T atau PRP-OMP).

      18 bulan
     DTP-4
      Polio-4
     a.. DTP-4 (DTwP atau DTaP) diberikan 1 tahun setelah DTP-3.
        b.. Polio-4 diberikan bersamaan dengan DTP-5

      2 tahun
     Hepatitis A
     a.. Vaksin HepA direkomendasikan pada umur >2 tahun, diberikan  dua
kali dengan interval 6-12 bulan.

      2-3 tahun
     Tifoid
     a.. Vaksin tifoid polisakarida injeksi direkomendasikan untuk umur >2
tahun. Imunisasi tifoid polisakarida injeksi perlu diulang setiap 3 tahun.

      5 tahun
     DTP-5
      Polio-5
     a.. DTP-5 diberikan pada umur 5 tahun (DTwp/DTap)
        b.. Polio-5 diberikan bersamaan dengan DTP-5

      6 tahun
     MMR
     a.. Diberikan untuk catch-up imunization pada anak yang belum mendapat
MMR-1

      10 tahun
     dT/TT

      Varisela
     a.. Menjelang pubertas vaksin tetanus ke-5 (dT atau TT) diberikan untuk
mendapat imunitas selama 25 tahun.
        b.. Vaksin varisela diberikan pada umur 10 tahun.