***********-***********

aku bawa anakku ke 4D waktu dia umur 2 tahun pas
secara aku udah pernah nyoba 4D di tempat lain, dan udah kebayang suasana yg
gelap plus kursi goyang2, jadi sejak awal aku udah coba ngomong ke anakku
waktu di dalem, anakku duduk dipangku
pas pertama lampu mati, dia agak kaget, tapi aku ketawa2 aja di kupingnya buat
ngalahin suara bising dari penonton dan filmnya
trus waktu film udah maen, dia seru banget berusaha nangkep kupu2, ikan2, kura2
yang emang keliatannya terbang dan berenang ke arah kita
aku juga kasih contoh pura2 mo tangkep kupu2 sambil julur2in tangan
aku coba bawa fun aja, drpd dia ikutan balita laen yg pada nangis
dia agak takut waktu ada ular yg emang berusaha menjalar ke penonton, dan pas
bagian ular ini aku gak kasih contoh buat nangkep... kuatir dia niruin nangkep
kalo kapan2 nemu uler beneran :-)
tapi setelah si ular nyemprotin bisa (beneran basah loh! apalagi anakku
dipangku, aku selamet kering, dia yg basah kuyup), anakku jadi rada kapok :-(
sepanjang sisa film, dia gak mau ngeliat lagi :-)
sejak awal dia ngerti bahwa kalo kacamatanya dipake, gambarnya bisa keliatan
hidup, tapi kalo dibuka ya aman2 aja
makanya pas adegan yg dia gak suka, otomoatis kacamatanya dicopot sendiri

sebaiknya sih emang anak2 usia TK aja yang dibawa ngeliat 4D
kalo masih terlalu kecil, mereka juga kurang paham