Menurut saya, jangan memaksakan anak sekolah lebih cepat karena tidak banyak
benefitnya bila dibandingkan hambatan2nya nanti. Banyak psikolog yang
mengatakan bahwa orang tua sebaiknya membiarkan anak sekolah pada waktunya.
Karena mungkin pada awal2 sekolah, anak merasa senang dan perkembangannya
cepat sehingga orang tua merasa anaknya mampu utk sekolah lebih cepat dr
umur yg seharusnya. Tapi menurut banyak pengalaman orang tua, begitu anak
memasuki SD sekitar kelas 3 SD baru terasa bahwa kematangan anak memang
banyak dipengaruhi oleh faktor umur sehingga begitu anak menemui kesulitan
krn beban pelajaran yg mulai meningkat akhirnya anak mengalami
depresi/keputusasaan krn tdk mampu mengatasi masalahnya di sekolah. Hal
inilah yg akhirnya membuat anak mengalami kemunduran dlm pelajaran maupun
dlm segi psikologisnya. Utk membangkitkan motivasi anak spt ini dirasa cukup
sulit bagi orang tua sehingga orang tua hrs benar2 siap dlm menghadapi hal
ini.

Menurut saya biarkan anak tumbuh dan berkembang secara normal tanpa
dipaksakan. Bahkan anak yg cukup matang (usia sekolah sesuai dgn umur anak)
biasanya menjadi lebih kreatif dan berprestasi di sekolahnya.

Mudah2an ini bs memberikan pandangan scr umum. Maaf bila kurang berkenan.

Salam,
Vita