Mbak,

ini masalah klasik, dulu pun saya juga seperti itu, saya masuk SD 7 tahun,
karena sekolah saya ketat sekali masalah umur (1 July 1973 - 30 Juni 1974
yang diterima), alhasil saya harus tunggu 1 tahun. ada tujuannya juga mereka
memperketat usia masuk sekolah karena sekolah saya 'amit-amit' belajarnya
mesti ngotot & persaingan antar siswa tinggi sekali.

seorang anak selain masalah kognisi (cmiiw) tapi secara psikologis juga
harus siap menghadapai sekolah yang gak cuma 1-2 tahun pertama tapi at least
12 tahun pertama sampai lulus SMA.
kadangkala anak tsb gak menyadari tantangan seperti apa di hadapannya,
kelihatannya di awal2 dia enjoy tapi setelah 1-2 tahun dia mulai mengalami
tekanan psikologis, karena secara psikologis dia belum matang untuk tingkat
pendidikan saat itu. Kurikulum juga dirancang mempertimbangkan aspek
psikologis peserta pendidikan dan diasumsikan pada kelas 3 SD misalnya
kurikulum sesuai untuk anak umur 8 tahun.

salam,
-vin-

On 2/26/07, [EMAIL PROTECTED] <[EMAIL PROTECTED]>