Sharing lagi...

iya nih gi binun nayla nti masuk SD nya umur 5,5 th..ga ya? khawatir juga
secara bnyk contoh yg masuk dibawah 6 thn pas kelas 3 drop..
tp klo masuk SD nya 6,5 th ketuann..nanti teman2nya thnya 2004, dia 2003
ndiri walaupun ahir tahun, sama seh ma nasib gw dulu...lair bulan ahir,
tanggal ahir..tahun ahir pula..makanya sempet protes ma nyokap knp ga
ditulis tgl 1 jan aja..secara lairnya dah jam 12 pula..

Nah dulu sy masuk SD 5,6 th juga...kelas 1, kelas 2 dpt ranking, ehh kelas
tiga...aku dropp...ada angka merah 2 or tiga lupa deh...nyokap ampe
heran..penyebabnya ak ga tau...seingetku aku tiba2 ga bisa ngikutin
pelajaran kelas 3..
sampe kelas 6 aku nyesuaikan pelajaran...dah smp baru dpt ranking
lagi...itupun krn nyokap FTM jadi diajarin en diarahkan terus...

sperti kt mba niken...ujung2nya sama aja sih...cuma rada berat pas
penyesuain itu...iya kalau anaknya bisa nyesuaiin..kalau malah stress kan
bahaya..

"Niken Ariati" <[EMAIL PROTECTED]>
02/27/2007 09:58 AM
Please respond to
balita-anda@balita-anda.com

balita-anda@balita-anda.com
cc

Subject
Re: FW: [balita-anda] Berapa umur masuk SD

Ikutan sharing juga ah...
waktu anakku Tk aku nih yang paling anti ngajarin calistung..
menurutku sekolah TK itu untuk main, belajar bergaul, berkomunikasi,
sopan-santun n etika..
masalah calistung mah santai..ntar aja kelas satu..
nah pas giliran mau masukin anak ke kelas satu baru deh kalang
kabut..ternyata bo..testnya..calistung semua, mana yang susah-susah
lagi..wiiii stress!!
belum lagi biaya masuknya..dashyat..di negri yang bagus aja..sekitar 5
jutaan..
mungkin ada ya..sekolah dasar yang mau nerima murid, tanpa tes
calistung..tapi susah banget ketemunya..so parents, be prepare aja..
kalau masalah umur, teorinya sih : untuk anak usia < 6 tahun, bisa-bisa
aja
masuk SD, tapi testnya jauh lebih berat (penilaian lebih selektif
maksudnye..), dan biasanya nih..korelasinya..SD yang terima anak < 6 tahun
adalah SD yang "siap" baik test maupun sistemnya..so SD yang "siap"
umumnya
SD yang relatif mahal..

tapi dari pengalamanku sih..hasil akhir anak yang masuk SDnya kecepetan
kayaknya sama-sama aja deh..soalnya pengalamn pribadi nih..
aku 5 bersaudara..masuk SDnya variatif ada yang 4 tahun, 5 tahun, 6 tahun
6,5 tahun..hasil akhir???sami mawon...alias sama aja..
salam,
-niken-

Pada tanggal 07/02/27, v. divka <[EMAIL PROTECTED]> menulis:

> parents,
>
> saya sedih sebenernya kalo denger2 cerita dari teman/ sodara, sekolah
> zaman sekarang ini sudah luar biasa berat, banyak mengada2nya, mahal
> amit2 (belasan juta)
>
> pengin compare ada gak anaknya yg sekolah di BPK Penabur/ Sanur/ TarQ,
> etc ? Masih murah meriah gak ya  ? Ponakanku 2 tahun lalu masuk TarQ
> gak terlalu mahal, malah lebih mahal TK yang ada di pelosok Tangerang.
> Gimana bisa begitu ya ?
>
> -vin-

solanya