Mbak, saya mau sharing yang berhubungan dengan anak ayam ini,

10 tahun yang lalu, kakak sepupu saya pindah ke Lampung, dia membawa serta anak
laki-laki nya yang lincah dan cerewet (Adil,3 thn) dan istrinya tinggal di sana juga.
Sepupu saya ini suka sekali memelihara ayam bekisar dan burung merpati. Di halaman
belakang rumahnya penuh sama kandang ayam & sarang burung. Setiap hari pasti di
bersihin, ayam sama burungnya aja pake di kasih vitamin segala. Waktu adil berumur 4
thn, tiba-tiba Adil mengeluh sakit kepala dan muntah-muntah, panas badannya tinggi dan
dibawa ke dokter anak. Oleh dokter diberi obat dan diperbolehkan pulang kerumah.
Besoknya Adil jadi semakin parah, panas badannya semakin tinggi dan kejang-kejang
(seperti stuip), adil kembali di bawa ke rumah sakit. Kali ini adil langsung masuk
ruang ICU karena koma. Yang saya inget setelah di tes ini-itu tidak di ketahui
penyakitnya apa, sampai dibawa ke orang pinter dsb nya. Akhirnya  dokter memutuskan
Adil harus di bawa ke jakarta langsung ke RSCM dan di tempatkan dalam satu ruangan
khusus yang ditangani oleh dokter-dokter senior. Saya nggak tega waktu menjenguk dia,
segala macam selang masuk ke tubuh anak berusia 4 tahun itu. Setelah di teliti lagi,
dokter-dokter di rscm akhirnya menemukan bahwa yang menyebabkan Adil seperti itu
adalah virus. Dan virus itu dari mana ? menurut para dokter dari kotoran binatang ayam
dan burung yang rajin di bersihkan setiap hari itu. Saya sudah lupa bagaimana proses
kejadian nya, akhirnya adil bisa sadar setelah koma lebih dari sebulan lamanya.

Sekarang Adil sudah besar tapi dia tidak bisa lincah dan cerewet lagi seperti 10 thn
yang lalu, Adil harus merelakan dirinya menggunakan kursi roda karena virus tsb
menyerang saraf yg membuat kakinya tidak bisa berfungsi lagi. Adil juga mengalami
kesulitan berbicara dan beberapa "kekurangan" lain sampai saat ini.

Maaf saya tidak bermaksud apa-apa dengan menceritakan kejadian tsb diatas. Hanya
menganjurkan supaya lebih berhati-hati kalau memelihara unggas.

Wassalam,
tiara