Tambahan aja dari aku...
karena yang menentukan visa dikeluarkan atau tidaknya itu sebenarnya si
pe-wawancara.. Dan mreka harus meyakinkan yg utama yaitu kalo kita bukan
teroris (hihihi emang agak2 paranoid).. trus tujuan kita bener dan kita
tidak akan jadi imigran gelap disana alias nyari kerja biarpun dengan visa
turis...  karena disana udah segudang imigran gelap.
Mbak Liesye apply tuk visa apa nih karena syaratnya suka beda. Usia yg lebih
sulit dapet memang cowo umur 18-45. Mereka memang background check.. Kalo
cewe lebih gampang banget selama semuanya jelas. Pengalaman aku cuma 2 hari
waktu itu udah selesai.

Untuk meyakinkan mreka, jangan lupa surat keterangan kerja harus lengkap
dengan keterangan penghasilan  (supaya mreka yakin kalo kita benar2 sudah
bekerja di indonesia dan mampu membiayai slama di amrik dan ga cari kerja
disana). Lalu lampirkan juga rekening bank 3 bulan terakhir dengan saldo
yang gede2-nya, serta surat keterangan dari bank bersangkutan bahwa benar
kita pemegang rekening. Semua kudu berbahasa inggris ya...

Nah biasanya kalo wawancara pertanyaannya sih standar... kita kesana mau
ngapain, kita ada kenalan apa enggak disana, apakah ada yang menjamin
seandainya nanti terjadi apa2 dengan kita.. brapa lama mau ada disana..
blablabla dll.. kalo memang kita niatnya nggak jadi imigran, ya jawab aja
dengan jujur dan tampang jangan mencurigakan alias jangan gugup. Dandan yg
polos2 aja mbak heheheh... jangan dandan kayak artis atau preman.

Waktu itu untuk surat nikah aku disuruh bawa yg copy, dan dia minta lihat yg
asli.. lihat doang, bukan diambil.

Goodluck aja ya karena untung2an juga sih emang.. ngantrinya kalo ga salah 3
kali.. pertama ngantri di depan jalan / pintu gerbang kedutaan (pagi2
bangetjam 6)..trus begitu masuk, langsung daftar ulang (nama kita harus udah
tercantum di list).. trus ngantri lagi buat bayar 100 dolar (tapi ini
dikit).. trus yg paling panjang, ngantri di dalem buat interview di
loket2nya... perhatiin aja deh tampang2 peng interview-nya , siapa tau bisa
lebih "milih" mana yg kira2 baik.. aku waktu itu sengaja ngantri di tempat
yg peng-interviewnya cw bule keliatannya baik dan banyak yg di approve sama
dia. Sementara sebelah aku, cewe orang item.. gile serem nanyanya kenceng
dan keliatannya banyak yg paspornya dibalikin alias ditolak... hiiiyy
seremmmm...

Oh ya.. jangan bawa alat2 yg mencurigakan ya spt piso atau gunting atau apa.
Bawa bolpen aja. lebih2 jangan bawa bom hehehehe. Waktu itu aku mulai
ngantri jam 6.30, dan berhasil keluar dari situ jam 13.30 ... bulan februari
tuh dulu... jadi kurang lebih sama lah (bukan musim libur).

sori jadi kepanjangan... goodluck yaaaa

Evariny Andriana
http://www.hypno-birthing.web.id/