Mbak,

ini ada sedikit saripati dari pengalaman saya berkonsul ke dokter2/
psikolog seputar permasalahan speech delay :

1. Babysitter/ PRT yang bertugas membantu Bundanya dalam pengasuhan
sehari2 memang memegang peranan penting dalam kecakapan berbicara
anak, jadi diganti atau didampingi oleh seseorang yg lain yg lebih
'cerewet' bisa membantu dalam kondisi ini

2. Perlunya lingkungan yg terdiri dari teman sebaya juga dianjurkan,
entah itu, lingkungan tetangga, lingkungan sekolah ataupun lingkungan
keluarga. Kebutuhan akan lingkungan ini sebaiknya memang diberikan
sehari-harinya, supaya tidak on & off

3. Kadang2 seorang anak perlu didengarkan kata2 baru secara
berulang-ulang, makanya kita mengajarkan kata baru hari ini baru bisa
diucapkan setelah beberapa hari kemudian, ternyata dalam beberapa hari
itu dia mendengarkan kata2 tsb dari orang2 di sekitarnya secara tidak
sengaja. Dalam hal ini tidak semua anak bisa menyerap sebuah kata baru
sama cepatnya.

4. Perkembangan bicara seorang anak ada sequence-nya, pastikan bahwa
anak mengikuti sequence tsb, yang biasa terjadi anak mengalami
keterlambatan dari anak seusianya.

5. Jika lebih dari usia 2 tahun masih merasakan ganjalan tersebut ada
baiknya berkonsultasi ke dokter tumbuh kembang

good luck ....

-vin-