Pak,

Sebenernya kondisi kehamilan dan melahirkan itu tergantung kondisi individu
masing2 ya.
Tapi menurut pengalaman saya pribadi, kelahiran anak kedua lebih lancar dan
cepat.

Ketika anak pertama lahir, sudah maju sekitar  8 hari dari yang dijadwalkan.
meski dengan kontraksi yang seharian penuh, mules dari jam 11 malam, anaknya
baru lahir jam 6.03 sore hari berikutnya. dengan kondisi semua normal,
ketuban pecah pas udah bukaan 8.

Dan ketika anak kedua, saya juga maju sekitar 10 hari dari yang dijadwalkan
doketr, dengan kondisi ketuban pecah duluan. Akhirnya masuk Rumkit jam 6
sore, si kecil keluarnya jam 10.15 malam. dan ketika masuk ternyata udah
bukaan 2. dan ke pembukaan selanjutanya relatif lebih cepat. apalagi udah
bukaan 6, menuju ke 10 nya udah cepet sekali. kurang dari 1 jam.

Kalau saya sih masih merasakan sakitnya pak, dan kondisi ketuban pecah jadi
mau gak mau harus ke Rumkit.  Tapi pengalaman kakak saya beda lagi... udah
mules2 baru perjalanan ke rumkit, sayanganya rumkit yang dituju agak jauhan,
dan kakakku udah gak tahan, akhirnya mobil dibelokkan ke rumkit yang di
lewati.... eh... 15 menit kemudian, lahir deh si jabang bayi...normal, dan
ternyata kelahirannya 2 minggu sebelum perkiraan dokter.

tapi tidak semua gampang juga pak, selama kita rajin bergerak dan kondisi
kita sehat Insya Allah semua akan berjalan dengan lancar kok pak... tapi
memang musti antisipasi, ada kemungkinan lahirnya lebih maju.

Tapi memang dari kebanyakan orang kelahiran anak kedua lebih gampang.

semoga bisa dijadikan wacana