semoga membantu mbak / pak
kebetulan saya menggunakan KB Spiral
memang benar spiral masih dlm pro dan kontra dlm agama
semua kembali lagi ke kita dan dasar apa yg memutuskan u/ menggunakan spiral
sebelum saya pakai spiral pd kelahiran anak 1 saya konsul dulu ke dokter / dari guru ngaji saya dan keputusan menggunakan spiral bisa jadi dengan alasan kedokteran yg jelas, setelah suntik dan pil tidak cocok . dikarenakan saya mempunyai penyakit asma, dokter menyarankan u/ pakai spiral krn klu pakai pil/suntik pengaruh kehormon maka asma saya akan kumat ( tp. pil /suntik blum saya coba ) krn anjuran dokter yg paham saya cocok pakai spiral maka saya putuskan pakai spiral . sd anak saya yg ke empat .. alhamdulillah tidak ada masalah termasuk hubungan biologis saya dengan suami ... suami no coment... alias lancar aja heeeeee...

KLU mbak /istri bapak mau pakai/ lepas  spiral sebaik nya
1. kita dalam kondisi haid yg hampir selesai.( H ke 5 klu 7 hr )
knp begitu ? krn. pd saat itu kondisi rahim membesar/ terbuka alias tidak kecil . krn kondisi demikian pemasangan dan pelepasan spiral tidak akan terasa sakit ..ngak nyampe 5 menit udah deh dipasang ... sakit ngak perih ngak dan geli juga enggak .. ( posisi spt waktu melahirkan ) tp saya selalu pakai dr perempuan dr. langganan saya . jd mo diobok-obok
    ngak malu dan suami aman .....
2. Harus rilex ngak boleh tegang .. krn berpengaruh dengan rahim kita ... bayangin yg enak.. enak aja
    ( waktu bulan madu ama suami / lagi di gunung yg sejuk ... heee)
3. harus banyak tannya ke dokter bila sudah pasang ...
( biasanya 1mg pasang akan trd flex sedikit krn pemasangan tsb tp nggak sakit lho , cuman spiral dlm penyesuaian ) mo hubungan 10 hari sesudah pasang biar posisi spiral benar- udah pas , dan kontrol lagi stl 1bln pasang
    u/ mengetahui spiral sd terpasang pas dirahim dengan USG oleh dokter .
4. Spiral macem-macem ada Cover-T ( 250rb bersih sd pasang ), Nova (300rb-400rb s/d pasang )
     berlaku ada 2th, 5th,7th dan 8 th .... konsul aja ke dokter.
semua itu kembali lagi mbak ke kita tp harus kesepakatan dulu antara istri dan suami biar sama - sama tau dan enak

itu dulu yah mbak/ pak pengalaman saya ... klu ntar ada yg ngak jelas boleh tanya lagi

Thanks
Indra yati