Thanks buat semua mommy atas sharingnya. Mommy BA memang sangat responsif.
Trims ya

salam
Nining

On 3/22/07, Sylvia Radjawane <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Hi mbak Nining,

Seperti yang sudah dishared mbak Lif, apa memang temannya mbak ada sindrom
ACA (antibodi anticardiolipin)?  Selama kehamilan sudah pernah di-test ACA?
Biasanya kalau punya gejala, mis.  sebelumnya pernah/lebih dari 1x ngalamin
keguguran, tekanan darah jadi tinggi tanpa sebab, dll, resiko sindrom ACA
ini bisa dipastikan lewat test ACA.  Darah calon ibu yang mengental ini
memang bisa buat alirannya yang bawa asupan nutrisi dan O2 lewat plasenta
jadi tidak berjalan sempurna.

Kalau memang positif ACA, ada treatment yang bisa dilakukan lewat
pengobatan/suntikan untuk bantu encerin darah, ini bisa dikonsultasikan ke
DSOG nya. Umumnya resiko bayi cacat bisa sangat diminimalkan (lain kalau
memang karena infeksi aktif lain semacam toksoplasma atau rubella). Biasanya
juga ada tes lab yang perlu dilakukan rutin (atau konsultasi dengan dokter
ahli penyakit dalam) untuk update kondisi darah sang ibu.

Tapi kalau memang menurut DSOG nya bukan indikasi ACA, tapi memang
cenderung plasenta 'tidak berfungsi' secara normal, kadang bayi dengan berat
lahir rendah (kurang dari 2,5kg) atau berat lahir sangat rendah (kurang dari
1,5kg) jadi salah satu resiko.  Saya nggak tahu pasti treatment untuk kasus
ini seperti apa, cuma asumsi saya kalau memang dinilai sebagai salah satu
'kelainan' plasenta, DSOG akan mengupayakan masa kehamilan ibu bisa
berlangsung hingga 'due date' (kira2 13 mingguan lagi), dengan target: janin
punya waktu untuk bertambah BB, tidak ada gangguan medis pada ibu,
diupayakan untuk tidak bersalin prematur (kalaupun bayi harus lahir too
small, tapi tidak perlu too soon).

Plasenta punya peran sebagai penyalur nutrisi gizi dan oksigen ke janin.
So, kalau ada gangguan, dampaknya bisa mulai dari resiko berat lahir bayi
rendah, hingga ke kurangnya oksigen yang dibutuhkan janin, bahkan resiko
kurang 'mature' nya organ vital janin kalau terpaksa dilahirkan too soon.
Tapi pasti DSOG yang menangani temannya mbak lebih paham kondisi aktual dan
bisa jelaskan lebih rinci kepada calon ibu.

Setuju dengan yang dibilang mbak Lif, estimasi BB janin via USG bisa saja
salah, skill operator USG nya juga berpengaruh lho :). Kondisi 'kelainan'
plasenta somehow bisa membaik dengan sendirinya.

Jangan jadi tambah stress, karena sangat berpengaruh pada kondisi janin.
Masih ada 13 minggu .... dan minggu2 kehamilan terakhir itu calon bayi akan
punya kemampuan untuk 'jadi lebih gendut' dengan cepat.

Tetap upayakan jangan lelah, banyak istirahat, makan/minum sehat bergizi,
banyak minum air putih (yang walau nggak langsung mengencerkan darah, tapi
at least mengganti stok cairan tubuh yang ke luar karena keringat dan urine
-- so nggak makin mengentalkan darah).

titip selamat menanti buah hati untuk temannya ya mbak,
Sylvia - mum to Jovan & Rena

On 3/22/07, Lif Rahayu <[EMAIL PROTECTED] > wrote:

> ACA tinggi? Jadi darahnya kentel. gitu kan ya? Jadi disuntik obat gituuu
> deh.
> Temenku malah tiap hari dulu disuntik sampai kehamilan 38 minggu,
> alhamdulillah anak lahir selamet dan sehat walafiat.
>
> Mbak bilang ke temennya, jangan stress gitu nanti malah kena ke bayinya.
>
> Santai, banyak doa aja yaaa. Lagipula bb bayi lewat usg kan pasti ada
> faktor
> errornya, anggep error 10%, jadi 900 gram kan bisa jadi 990 gram
> yaaa....
>
> Nambah BB bayi, banyak makan aja deh.

Sebelumnya juga pernah terdeteksi seperti itu trus disuruh bedrest di RS

<deleted>

Kirim email ke