forward tulisan salah seorang teman baik saya

Selamat siang teman-teman,

Semoga siang ini, kegembiraan menyelimuti hati teman-teman semua, walau langit mendung sejak pagi tadi.

Kemarin, saya membaca sebuah buku yang menarik, dan ada satu kisah dalam buku itu, yang mungkin teman-teman sudah tahu, tetapi saya tetap ingin menceritakan kepada teman-teman, semoga memberikan inspirasi dan/atau mengingtakan teman2 kembali, di hari yang begitu mendung, semoga sedikit mencerahkan hati.

Ceritanya seperti ini :

Jaman dahulu kala, seorang Raja yang memimpin sebuah Negeri yang sangat luas dan kaya, mengalami mimpi, bahwa semua giginya tanggal satu per satu. Sang Raja begitu ketakutan dengan mimpinya itu. Saking takutnya sang raja, maka dia menyuruh perdana Mentri untuk memanggil peramal, agar dapat menafsirkan mimpinya.

Datanglah sang peramal yang terkenal paling pandai di negeri itu, dan semua orang tahu ramalannya yang dibuatnya selalu tepat. Maka begitu sang peramal tiba di hadapannya, sang raja menceritakan mimpinya.

Dengan yakin tanpa ragu sedikit-pun, si peramal berkata "Maha paduka yang hamba muliakan, tak lain dan tak bukan, arti mimpi paduka adalah, bahwa semua anggota keluarga paduka akan meninggal satu persatu, dan paduka akan hidup sebatang kara"

Murkalah sang Baginda Raja mendengar ramalan itu, tanpa berkata apa-pun dipengalnya kepala sang Peramal.

Dan sang Raja makin ketakutan dengan arti mimpinya, maka dia menyuruh sang perdana Mentri untuk mencari peramal yang lain. Sang Perdana Mentri yang ketakutan, segera memanggil peramal yang lain.

Setelah mendengar mimpi sang Raja, peramal kedua ini berkata "Baginda Paduka Raja yang Mulia, Arti mimpi itu adalah, bahwa Baginda akan terus berkuasa, memimpin negri yang makmur ini, seumur hidup baginda, sepanjang masa, melebihi masa hidupnya semua anggota keluarga Baginda Rajaku"

Betapa gembiranya hati sang Raja mendengar ramalan itu, maka dia segera memberi sekantong emas sebagai hadiah untuk peramal itu.

Padahal ramalan yang disampaikan oleh peramal kedua, sama artinya dengan ramalan peramal pertama, tetapi disampaikan dengan cara yang berbeda.

Tentu, teman-teman selalu menjunjung tinggi kejujuran, mungkin ada yang punya pendapat, sampaikan kebenaran bagaimanapun pahitnya, tetapi mungkin juga ada yang punya pendapat, jika kebenaran menyakitkan, lebih baik di simpan saja dalam sebuah kotak besi, dikunci rapat, dan ditaruh di Lemari deposit Bank, sampai tak ada satu orangpun yang bisa membuka kebenaran itu.

Nah, kisah diatas, menawarkan solusi lain, yaitu "Sampaikanlah kebeneran dengan cara yang cerdas, dan tepat" ...sehingga kalaupun kebenaran itu terasa pahit, yang menerima berita, tetap bisa merasakan hikmah di balik kebenaran tersebut.

Salam
Ita Kustina

----- Original Message ----- From: "Delilah Handayani" <[EMAIL PROTECTED]>