Saya coba re post dr imel sebelumnya ya.
Semoga membantu. Irma
Blighted Ovum

Oleh Dr. Bharoto Winardi, Soeprono, Sp. OG, Dokter ahli obstetri dan ginekologi
Apakah "kandungan lemah" itu? Kalau saya dihadapkan pada pernyataan itu, saya
pun akan risih mendengarnya, apalagi menjawabnya. Tidak ada dalam istilah medis
apa yang disebut dengan "kandungan lemah", begitu juga tidak pernah buku-buku
pengajaran atau literatur kedokteran yang menyebut istilah tersebut, apalagi
mendefinisikannya.

Sudah sewajarnya seorang dokter memberikan penyuluhan sebaik-baiknya kepada
pasiennya. Sungguh dlsayangkan kalau apa yang disampaikan dokter justru tidak
menambah pengetahuan pasien, tetapi malah memperbodoh pasien.

Untuk memahami hal yang sebenarnya, sebaiknya kita sedikit mengetahui apa
sebab-sebab dari keguguran atau abortus.

Faktor Penyebab Abortus
Ada tiga faktor utama kelainan yang dapat menyebabkan abortus, yaitu 1) faktor
produk kehamilan, 2) faktor kesehatan ibu, serta 3) faktor alat repnoduksi.

Bila dilakukan investigasi pada seorang ibu yang baru saja mengalami keguguran,
sebenarnya sangat sulit menetapkan sebab yang pasti terjadinya keguguran,
meskipun telah dilakukan serangkaian pemeriksaan.

Dokter hanya bisa mencari faktor-faktor yang dapat menyebabkan suatu kandungan
mengalami keguguran, tetapi bukan sebab pasti suatu keguguran yang telah atau
baru saja dialami.

Abortus di Awal Kehamilan
Sekitar 90 persen abortus yang terjadi pada kehamilan awal atau trimester
pentama umumnya disertai produk kehamilan yang tidak baik.
Dokter mendapati suatu kehamilan, tetapi tidak dapat menemukan embrio. Yang ada
hanya kantong kehamilan saja (blighted ovum). Dengan kata lain, dokter akan
mengatakan bahwa kehamilan tidak berkembang.

Kadang-kadang bisa didapatkan gambaran embrio, tetápi tidak didapatkan
kehidupan, atau tak ada denyut jantung lagi. Bila didapatkan keadaan-keadaan
ini, segala upaya tidak akan dapat mempertahankan kehamilan. Tubuh akan
mengeluarkan suatu produk kehamilan yang tidak baik, dan terjadinya keguguran
hanya tinggal soal waktu.

Sebab-sebab hasil kehamilan tidak berkembang, separuh di antaranya adalah
kelainan kromosom yang umumnya dipengaruhi oleh faktor yang diturunkan. Sebab
yang lain adalah kerusakan hasil pembuahan oleh faktor lain.

Infeksi TORCH (Toksoplasma, Rubela, Sitomegalovirus, dan Herpes simpleks) dapat
menimbulkan kerusakan pada embro dan berakhir dengan keguguran. Demikian juga
paparan dari luar seperti radiasi dan obat-obatan yang bersifat teratogen
(dapat menimbulkan kecacatan). Faktor imunologis atau penyakit autoimun,
seperti lupus dan sindroma antifosfolipid, berpenan besar terjadinya keguguran
yang berulang.