sharing aja ......

Beberapa pembantu saya dulu pakai HP, mereka ada yang sadar diri,
terutama yang tua (hanya dipake untuk mengubungi keluarga), tapi lebih
banyak yang gak tahunya karena mereka adalah ABG (usia < 25 th), ada
yang memang agak cakep jadinya banyak yang nelponin/ sms-an sampe
kayak cerita Mbak Vinty Novita, ada yang HPnya ditengokin kalo kerjaan
udah kelar tapi semakin malam semakin intens komunikasinya

semakin mereka intens pake HPnya kecenderungannya adalah kebutuhan
pulsa mereka meningkat, dan ini sudah kayak drugs ... kecanduan, dan
akhirnya mereka coba memberanikan diri untuk pinjem duit, atau curi2
dari uang belanja/ uang yang tergeletak di meja, atau bahkan curi yang
gedean dari dompet atau tempat lainnya.
saya nyeselnya suka ngasih mereka kemudahan dalam berkomunikasi tsb di
saat bulan2 awal mereka mulai kerja (karena dari gaji pertama pun
sudah bisa cari HP bekas)

akhirnya sekarang saya pegangin HP punya anak saya (Fren/ Samsung),
tiap bulan saya isiin Rp. 50000, cukup gak cukup, dipake bareng2 ama
saya yg kadang kontak family di sby yg pake Fren juga. dengan begitu
kebutuhan komunikasinya terpenuhi, kalo dia pengin untuk punya
sendiri, saya bilangin gak usah pake aja punya kami. tapi kami
berpikir kalo dia kerjanya bagus, awet, gak tertutup kemungkinan nanti
kami carikan HP sendiri, paling gak dia sudah bisa dipercaya gak
menyalahgunakan HPnya saat kerja.

-vin-