  From: Muhammad Nur
  To: balita-anda@balita-anda.com
  Sent: Thursday, April 26, 2007 11:08 AM
  Subject: Fw: [balita-anda] OOT : Rumus ngitung Uang Jasa

  ***********-***********

  UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA
  NOMOR 13 TAHUN 2003

  TENTANG

  KETENAGAKERJAAN

  Pasal 156

    1.. Dalam hal terjadi pemutusan hubungan kerja, pengusaha diwajibkan
  membayar uang pesangon dan atau uang penghargaan masa kerja dan uang
  penggantian hak yang seharusnya diterima.

    2.. Perhitungan uang pesangon sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) paling
  sedikit sebagai berikut :

      1.. masa kerja kurang dari 1 (satu) tahun, 1 (satu) bulan upah;

      2.. masa kerja 1 (satu) tahun atau lebih tetapi kurang dari 2 (dua)
  tahun, 2 (dua) bulan upah;

      3.. masa kerja 2 (dua) tahun atau lebih tetapi kurang dari 3 (tiga)
  tahun, 3 (tiga) bulan upah;

      4.. masa kerja 3 (tiga) tahun atau lebih tetapi kurang dari 4 (empat)
  tahun, 4 (empat) bulan upah;

      5.. masa kerja 4 (empat) tahun atau lebih tetapi kurang dari 5 (lima)
  tahun, 5 (lima) bulan upah;

      6.. masa kerja 5 (lima) tahun atau lebih, tetapi kurang dari 6 (enam)
  tahun, 6 (enam) bulan upah;

      7.. masa kerja 6 (enam) tahun atau lebih tetapi kurang dari 7 (tujuh)
  tahun, 7 (tujuh) bulan upah.

      8.. masa kerja 7 (tujuh) tahun atau lebih tetapi kurang dari 8 (delapan)
  tahun, 8 (delapan) bulan upah;

      9.. masa kerja 8 (delapan) tahun atau lebih, 9 (sembilan) bulan upah.

    3.. Perhitungan uang penghargaan masa kerja sebagaimana dimaksud dalam
  ayat (1) ditetapkan sebagai be-rikut :

      1.. masa kerja 3 (tiga) tahun atau lebih tetapi kurang dari 6 (enam)
  tahun, 2 (dua) bulan upah;

      2.. masa kerja 6 (enam) tahun atau lebih tetapi kurang dari 9 (sembilan)
  tahun, 3 (tiga) bulan upah;

      3.. masa kerja 9 (sembilan) tahun atau lebih tetapi kurang dari 12 (dua
  belas) tahun, 4 (empat) bulan upah;

      4.. masa kerja 12 (dua belas) tahun atau lebih tetapi kurang dari 15
  (lima belas) tahun, 5 (lima) bulan upah;

      5.. masa kerja 15 (lima belas) tahun atau lebih tetapi kurang dari 18
  (delapan belas) tahun, 6 (enam) bulan upah;

      6.. masa kerja 18 (delapan belas) tahun atau lebih tetapi kurang dari 21
  (dua puluh satu) tahun, 7 (tujuh) bulan upah;

      7.. masa kerja 21 (dua puluh satu) tahun atau lebih tetapi kurang dari
  24 (dua puluh empat) tahun, 8 (delapan) bulan upah;

      8.. masa kerja 24 (dua puluh empat) tahun atau lebih, 10 (sepuluh )
  bulan upah.

    ---Noor--