mungkin ngga banyak membantu, tapi sekedar sharing aja, kalau saya sudah
membiasakan audrey dan alyssa sejak kecil untuk mengerjakan beberapa tugas
kecil supaya mandiri dan ngga tergantung banget sama mbaknya, sedikit2 harus
diajari.
misalnya saya suruh membuang sampah, meletakkan botol susu di meja setelah
minum susu. karena alyssa belum 2 tahun, mungkin baru sebatas itu saja, atau
mengambilkan remote control dan benda2 kecil.
untuk audrey, 4 tahun saya biasakan pakai baju sendiri, membereskan mainan,
meletakkan botol susunya, membuang sampah, menyikat gigi dan belajar mandi
sendiri walau masih dibantu. juga diajarkan makan sendiri sekali2.
so far mereka cukup kooperatif. tapi namanya anak2 tetep saja kadang moodnya
jelek, terutama kalau minta sesuatu suka maunya 'sekarang' (ini untuk yang 4
tahun, kalau uang 1.5 tahun belum banyak keinginan dan cenderung lebih nurut).
nah, kalau sudah gitu kami akan tegas dan tidak memberikan secara langsung.
karena audrey sudah 4 tahun, sudah bisa diajak diskusi dan biasanya sih cukup
manjur asalkan dengan lemah lembut, bukan dimarahi.
misalnya, audrey ingin nonton TV kartun, saya ingin nonton infotainment kalau
hari minggu, adiknya ingin nonton lagu anak2. berhubung TV cuma 1 akhirnya kami
bertiga rebutan. biasanya daripada berakhir dengan tangisan audrey/alyssa, kami
kompromi, pertama alyssa boleh nonton 1/2 jam lagu anak2 dari VCD, terus audrey
boleh nonton kartun selama 1/2 jam, dan setelah itu kan giliran mama 1/2
jam,... he.. he.. biasanya sih cukup manjur.
kalau kata ayahnya audrey, audrey itu harus diperlakukan seperti orang dewasa
yang setara, dan biasanya lebih manjur daripada dimarahi/dinasihati atau
terlalu disayang2 seperti anak kecil.

regards,
ratna