Benar sekali...Apalagi dirumah orang tua saya sejak saya masih kecil selalu sarapan
pake madu..Alhamdulillah sampe saat ini di usianya yg ke 60 beliau tidak pernah
mengalami sakit yg berat..terutama yg berhubungan dengan perut..Dan alhamdulillah
tradisi ini saya teruskan dengan memberikan  paling tidak 1 sdm madu ke anak saya yg
dicampurkan dengan air hangat setiap paginya..Kalo dikasih madu langsung takut
keselek...Apalagi di Sumbawa untuk memperoleh madu asli tidaklah sulit.....

Ayahnya Nanda

 Madu yang Multiguna

Kompas Online :
http://www.kompas.com/kompas-cetak/0211/11/iptek/madu10.htm

BERBAGAI kelebihan madu sebagai makanan bergizi tinggi sudah diketahui
sejak zaman Mesir maupun Yunani kuno. Zaman Mesir kuno, larutan madu
bukan hanya sebagai sumber makanan, tetapi juga pengawet yang luar
biasa: dari daging binatang buruan untuk persediaan konsumsi sampai
mumifikasi jenazah yang tahan ribuan tahun.

Madu dihasilkan oleh lebah madu. Dalam satu koloni lebah madu, terdapat
seekor lebah ratu, beberapa ratus lebah jantan, dan lebah pekerja yang
bisa mencapai 100.000 ekor.

Ukuran lebah ratu dua kali lebih panjang dan 2,8 kali lebih berat dari
lebah pekerja. Tugasnya hanya menghasilkan telur dengan jumlah
1.000-2.000 butir. Telur yang dibuahi setelah lebah ratu kawin dengan
lebah jantan menghasilkan lebah pekerja dan kadang lebah ratu baru. Bila
dalam satu koloni ada dua lebah ratu, maka yang satu akan meninggalkan
koloni dengan pengikutnya.

Sementara telur yang tidak dibuahi menghasilkan lebah jantan. Tugas
lebah jantan hanya mengawini lebah ratu. Karena itu, umurnya pun pendek,
hanya tiga bulan.

Tugas utama lebah pekerja adalah mengumpulkan nektar atau tepung sari
untuk membuat madu. Tugas ini amat menakjubkan, karena mereka bisa
mencari bahan madu dari bunga mekar yang jaraknya dari sarang bisa
beberapa kilometer.

Dalam keadaan tanpa muatan, seekor lebah bisa terbang dengan kecepatan
65 kilometer per jam. Bila tengah membawa nektar, kecepatannya tinggal
30 kilometer per jam.

Untuk membuat 100 gram madu, lebah harus mendatangi tidak kurang dari
satu juta tangkai bunga. Nektar diangkut dalam kantung tepung di
kakinya. Di dalam sarang, nektar diolah menjadi madu, lilin, dan royal
jelly yang menjadi makanan utama lebah ratu. Umumnya satu sarang
menghasilkan sekitar 150 kilogram madu setiap musim.

Peternakan lebah madu seperti di Australia yang sudah maju, juga menanam
bunga-bunga sumber nektar sebagaimana halnya peternak sapi menyediakan
hijauan sumber pakannya. Tidak mengherankan pula bila madu yang
dihasilkan juga berbeda-beda, tergantung sumber nektarnya. Ada madu
apel, madu pir, madu anggur, dan sebagainya.

Di Indonesia, meski tidak sesempurna di negara maju, sebenarnya juga
punya beberapa jenis madu. Ada madu sumbawa yang nektarnya berasal dari
hutan kawasan Pulau Sumbawa, madu kalimantan atau madu lampung, dengan
warna, bau, dan rasa yang berbeda.

Di samping faktor jenis bunga, kualitas dan kuantitas madu juga
dipengaruhi oleh jenis lebahnya.

***

KHASIAT madu berasal dari kandungannya yang beragam. Ada berbagai jenis
enzim seperti diastase, invertase, katalase, peroksidase, dan lipase
yang membantu proses pencernaan sehingga memperlancar metabolisme.
Sejumlah asam amino seperti asam malat, tartarat, sitrat, laktat, juga
berperan dalam metabolisme.

Ada pula mineral seperti magnesium, belerang, fosfor, besi, kalsium,
khlor, natrium, yodium, serta kalium dalam bentuk garam-garamnya, yang
dibutuhkan tubuh agar tetap bugar. Kandungan garam mineral ini serupa
dengan kandungan garam mineral darah manusia sehingga mengonsumsi madu
tidak akan berdampak negatif pada darah.

Menurut dr Filatof, ophthalmologis dari Rusia, madu pun mengandung
perangsang biogenik yang berperan meningkatkan kesegaran.

Di dalam madu masih terkandung biose atau zat pengatur tumbuh yang
mempercepat pertumbuhan akar, tunas, serta pembungaan pada tanaman,
selain zat antibakteri sehingga bisa membantu mencegah infeksi pada
luka.

Vitamin pada madu antara lain B2 (riboflavin) dan B6 (pirodoksin) yang
berperan dalam metabolisme protein dan mencegah penyakit kulit. Ada pula
B3 (asam pantotenat) dan H (biotin) yang berperan dalam metabolisme
lemak dan protein serta menghambat penyakit kulit seperti eksim dan
herpes.

Oleh karena itu pula, madu banyak dimanfaatkan untuk kosmetik. Sejak
Zaman Mesir dan Yunani kuno, madu digunakan di wajah agar tetap cantik,
bersih, dan menghilangkan noda-noda. Sifat antibiotiknya bisa digunakan
dalam sampo untuk mencegah ketombe.

Namun, ada juga madu yang membawa bencana. Alkisah, pasukan Yunani pada
tahun 400 sebelum Masehi baru pulang dari medan perang. Di hutan yang
dilewati, mereka menemukan madu dan dimakan ramai-ramai. Tak lama
kemudian, banyak prajurit muntah-muntah dan tidak sedikit yang
meninggal. Mengapa demikian?

Ternyata, nektar yang berasal dari bunga beracun seperti rododendron,
azalea, andromeda, kalmia, atropa, datura, euphorbia, gelsemium,
melaleuca, dan agave, juga menghasilkan madu beracun.

Namun, hal ini tak perlu membuat takut mengonsumsi madu. Soalnya, saat
ini amat jarang terdengar adanya kasus keracunan gara-gara mengonsumsi
madu.

Prof H Unus Suriawiria Dosen senior ITB, pemerhati bioteknologi dan
agroindustri.

Rina Sofiany - bundanya Nadya
http://rina.rustamaji.com
http://www.rustamaji.com

The content of this message may contain the private views and opinions of the sender
and does not constitute a formal view and/or opinion of the company unless
specifically stated. The contents of this email and any attachments may contain
confidential and/or proprietary information, and is intended only for the
person/entity to whom it was originally addressed. Any dissemination, distribution or
copying of this communication is strictly prohibited. If you have received this email
in error please  notify the sender immediately by return e-mail and delete this
message and any attachments from your system.