Mbak Fitri,
wisjman termasuk kelompok butter, isinya mmg demikian, biasanya  begitu
dibuka .. klo ada sisa .. sisanya aku pindahkan ke wadah kedap udara ..
trus aku simpan di kulkas bagian chillernya .. klo mo pakai sorenya ..
paginya aku keluarin, selama ini aman2 saja .. n cakenya hasilnya jg bagus.
Klo nyimpen margarin .. ya biasa aja .. asal harus ditutup rapat, ini aku
sertakan ttg mentega putih dr milis sebelah ..

Devi

13. Apa yang dimaksud dengan mentega putih/shortening?

Mentega putih atau vegetable shortening adalah lemak tumbuhan yang sudah
melalui proses hidrogenisasi, sehingga berbentuk padat. Mentega putih jauh
lebih padat/keras dibanding mentega biasa, karena kadar airnya jauh lebih
sedikit dibanding mentega, rasanya pun tidak gurih seperti mentega yang
terbuat dari susu. Umumnya digunakan untuk membuat biskuit, pastry, dan
merupakan bahan dasar pembuatan buttercream. Rasanya tawar, berwarna putih,
tersedia di TBK atau supermarket besar di kulkas dekat aneka mentega, dalam
kemasan sytrofoam terbungkus plastic wrap. Merknya antara lain Pusaka,
Croma, dll.

Lebih lengkap lagi mengenai shortening, bisa dibaca di halaman blog NCC
berikut ini:
http://ncc.blogsome.com/2005/08/11/shortening/

                                                To:
<balita-anda@balita-anda.com>
                                                cc:

            "fithri Purwanti Devi"              Subject:  RE: [balita-anda]
beda mentega sama margarin
            <[EMAIL PROTECTED]

            Others, 18/06/2007 11:22 AM

Sekalian tanya ya ...
Klo' yg di bilang mentega putih termasuk mentega/butter dari lemak susu
hewan?!
Jadi mentega ada yg kuning dan putih betul-khah?!
Pernah sy beli roombutter wisjman, cmiiw termasuk mentega/butter-khah?!
Tapi pas sy buka ko' sebagian berbentuk sprt margarine Cuma agak lembek
dan ada bercair warna bening betulkhah isinya demikian?! Truss sisanya
sy taruh di kulkas tp agak berjamur ...
Kira2 cara penyimpanan yg tepat d mana ya aik mentega dan margarine?!

Thanks all ...