Penghemat listrik yang bentuknya kotak?

Mungkin fungsinya menurut saya adalah anti spike, bukan menghemat.
Alangkah lebih baik kalo mengerti dulu cara kerja nya.
Listrik di rumah pemakaian nya kebanyakan bersifat induktif dan sifat
indukif ini banyak dipakai misalnya di alat yang menggunakan kumparan
sebagai komponen utamanya, seperti Kipas angin, AC pendingin, Kulkas , Motor
Pompa air dll.

Seperti kita ketahui apabila alat pertama kali dinyalakan maka lonjakan
pemakaian listrik secara tiba2 akan terjadi dan hal ini tentunya menyebabkan
putaran meter listrik sempat melonjak dan kemudian kembali normal, nah
dengan alat yang dimaksud ini isinya berupa capacitor yang akan mengurangi
lonjakan listrik, makanya disebut juga anti spike.

Sebagai informasi saja alat ini bukan untuk menghemat tetapi lebih fungsi
untuk membuat stabil pemakaian listrik, diharapkan memang tagihan listrik
jadi berkurang.... Cuma kalo dibilang berkurang 30% ini gimana itung2 nya?
(dasar sales).... menurut saya dengan pemakaian alat ini penghematan yang
ada sangat kecil sekali, akan lebih terasa kalau kita ikuti pesan oneng di
tipi dan pakailah peralatan listrik seperlu nya saja.

rgds,
rahman gunawan

"Kerjakanlah sesuatu secara tulus dan wajar, dan segalanya akan baik.
 Kesempurnaan terletak pada motivasi kerja, bukan pada pekerjaan"