Hi pak Antony,

Setuju dengan pak Syakban, kalau baby kebetulan sedang fit (at least nggak
pilek/batuk), lebih meminimalkan resiko 'rewel' selama di dalam pesawat :)
Kalau masih sempat dan memungkinkan, jadwal imunisasinya dituntaskan dulu
untuk usianya,  karena ini bisa jadi proteksi baby tidak saja selama dalam
pesawat tapi juga selama ada di tempat tujuan.

Kalau masih minum ASI, lebih OK lagi ... tinggal 'nempel' aja dengan mamanya
selama take-off dan landing :)
Pokoknya selalu siap botol susu/air putih/cairan (tergantung moodnya anak
lagi ingin minum apa), kalau anaknya ingin minum yang hangat, bisa minta
pramugari/a nya untuk sediakan air panas beberapa saat sebelum take-off atau
landing.

Mungkin bisa juga pilih flight yang kira-kira seputar waktu tidur anaknya,
asal nanti akomodasi di tempat tujuan memang tidak merepotkan.

Anak2 saya usia 9 bulanan sudah pada 'mobile', jadi selama di pesawat siap
sedia juga dengan aneka mainan favoritnya, supaya kalau dia memang nggak mau
tidur, dia tetap happy dan nggak bosan.  Tips yang selalu saya lakukan: saya
selalu sengaja sediakan mainan atau benda lain yang lucu atau kira2 yang
menarik minatnya dan belum pernah dilihat dia, nanti kalau dianggap perlu,
baru dikasih deh mainan/bendanya, dan ini biasanya bisa menyita waktu dia
cukup lama and lupa dengan niat 'rewel' nya ;)  Kalau perjalanannya cukup
lama, sediakan mainan seperti ini beberapa buah, diberikan setiap beberapa
jam sekali.

Kalau long trip, siap juga dengan perlengkapan tambahan secukupnya (baju
ganti, diapers, tissue basah, makanan/snack/buah, mainan, dll.), apalagi
usia 9 bulanan kan sudah mulai makan solid food dan punya jadwal makan
sendiri.  Kalau memungkinkan, bisa juga order ke pramugara/i nya untuk baby
meal.  Perlengkapan tambahan secukupnya juga dibutuhkan, untuk antisipasi
kalau ternyata harus ngalamin delay pesawat atau harus transit di bandara
lain sebelum ke tempat tujuan.

Sang ortu juga perlu 'siap': fit juga staminanya, and try to stay cool :)
Kita yang (berusaha) tenang juga akan mempengaruhi kenyamanan si kecil
bepergian dengan kita.

have a nice ans safe trip, pak
Sylvia - Jovan & Rena's mum with 14-week-'bump'