Cerdas bukan berarti nilai bagus.

Sy pribadi melakukan permainan yang merangsang otak dsb... tp tidak pengikut
menyekolahkan anak terlalu dini. minimal 3 th lah.

Hal tersebut ya sy lakukan untuk memberikan yang terbaik untuk anak, tapi
bukan berarti sy menekan anak memberikan the bestnya buat sy sbg ibu.

Kita berikan A-Z ke anak, dengan reaksi yang berbeda tiap anak. dan biarlah
anak yang mentukan tanpa TEKANAN. dengan mereka enjoy mereka akan
menghasilkan sesuatu dan saya sudah menerapkan itu kepada 2 putri sy yg
kebetulan punya interest yg berbeda.

Harapan memang akademik bagus, ranking oke... tapi kembali ke anak....
mereka juga HUMAN BEING yang punya DESIRE/ Keinginan sendiri sebagai
pribadinya dan mereka punya kehidupan, minat dan bakat sendiri yang tidak
sama dengan kita.

Orang tua hanya mengarahkan, tidak mendoktrin tapi memberikan efek
psikologis yang positif terhadap anak. makanya manajemen mendidik anak juga
perlu. Jika ada kekurangan bagaimana kita sebagai ortu meningkatkan PeDe
dia... dengan ortu yang support sy yakin output anak jg akan lebih baik.

maaf kalau tidak berkenan