Hi mbak Ella,

Saya mungkin nggak bisa share banyak tentang berapa total cc susu/hari untuk
anak umur belasan bulan, karena waktu umur segitu anak2 saya masih aktif
menyusui (ASI) selain selingan konsumsi susu kalau saya sedang di kantor.

Cuma mungkin sekadar input, kalau baca e-mail nya mbak tentang konsumsi susu
si kecil per harinya, rasanya bahkan sudah lebih dari 780cc karena camilan
yang dimakan pun sudah kaya kandungan susu/kalsium (keju, ice cream,
milkshake, dll.)

Dari beberapa info yang pernah saya baca, setelah baby mengenal solid food
(usia 6 bulanan), asupan gizi dan kandungan vitamin/mineral yang dibutuhkan
dari jenis nutrisi lain (selain susu) sudah mulai divariasikan dan dibuat
balance. Di salah satu info
(http://www.babycentre.co.uk/baby/formula/howmuchmilk/
<http://www.babycentre.co.uk/baby/formula/howmuchmilk/>) malah disebutkan
kalau badan Food Standards Agency merekomendasikan asupan susu sekitar
600mL/hari kalau baby (> usia 6 bulan) sudah 'established' dengan makanan
padat.

Apalagi sudah usia > 1 tahun, susu bukan lagi asupan nutrisi yang (paling)
utama.  Kebutuhan energi, kandungan lemak dan kalsium dari susu bisa
disubstitusi dari asupan bergizi lainnya.

Kalau konsumsi susu jadi 'too much', ini ada pengaruhnya dengan anak jadi
'nggak suka' or 'susah banget' makan.  Bukan 'ada yang salah' dengan
anaknya, tapi memang kapasitas perutnya sudah nggak bisa nampung jenis
makanan lain karena sudah dipenuhi 'susu'.

Kalau terus-terusan jadwal makannya 'dominan' susu, ... akhirnya jadi biasa
'ya udah,  karena nggak mau makan, minum susu aja ya' ... si kecil juga jadi
terbiasa, tinggal 'glek..glek..glek', nggak perlu capek 'ngunyah' :)

So, mungkin mulai di re-schedule lagi jadwal makan dan jenis makan/minumnya
si kecil, mbak. Siapa tahu dengan 'cc' yang baru, dia jadi nggak susah
diajak makan makanan di rumah :)

cheers,
Sylvia - Jovan & Rena's mum with 17-week-'bump'