Hi pak Yana,

Dua kali punya pengalaman menyapih anak2 saya: Jovan waktu usia 2 tahun 1
minggu dan Rena waktu usia 19 bulan 10 hari. Keduanya karena saya sedang
hamil muda dan sedikit ngalamin masalah (minor bleeding & kontraksi).
Keduanya berjalan 'sukses' tanpa perlu mereka dipisahkan sementara dengan
mamanya, atau diolesi macam2.

Salah satu tips utamanya: ajak 'ngobrol' si kecil tentang rencana ortunya
untuk menyapih dia :)  Saya sudah baca juga e-mail beberapa moms di milis
ini yang pakai kiat yang sama dan berhasil.
Kayaknya cara ini memang sudah diupayakan pak Yana and istri ya.  Coba
'ulik' lagi, mis. lebih sering dibicarakan ke anak, ambil waktu saat dia
lagi happy, lagi main (and yang penting nggak sedang lapar atau malah sedang
menyusui). Pakai kata2 yang 'menyenangkan', mis.: jangan bilang kalau kakak
harus berhenti ASI karena sebentar lagi ada 'dede', atau harus berhenti ASI
karena sudah 'gede', malu dengan orang lain, dan perkataan lain yang kadang
buat dia jadi 'kecil hati'.
Juga waktu lagi masa 'transisi', kalau si kecil kadang 'kangen' dengan ASI
ibunya, jangan langsung ditolak mentah2 tapi jangan juga tiap2 dia
nangis/merajuk, langsung sodorin ASI ;)  Saya selalu ingat line: 'not to
offer and not to refuse' setiap kali masuk masa menyapih anak.

Saya yakin anak2 kecil ini smart dengan cara yang 'unique' and 'special'
untuk masing2 anak.  Mereka bisa diberi informasi seperti ini, sama seperti
kita kasih informasi untuk issue yang lain (mis. toilet training, berhenti
minum susu botol, belajar gosok gigi, belajar bilang 'terima kasih', dll).
Cuma, memang karena menyusui ASI termasuk salah satu aktivitas 'terdekat'
dan 'ternyaman' untuk si kecil, perlu 'trik' khusus untuk buat dia mau
berpisah dengan 'best friend' nya dengan suka rela :)

Dulu waktu menyapih Jovan, selain 'ajak ngobrol', saya juga pakai trik: ajak
dia ikut sibuk beraktifitas cuci baju dengan mamanya di depan mesin cuci
tiap pagi (at least, waktu menyusui tiap pagi mulai dikurangi dan akhirnya
dia lupa sendiri).  Waktu menyapih Rena, saya 'ngarang' semacam rhyme yang
isinya tentang kenapa Rena harus disapih? :) Dulu memang sempat terdesak
untuk segera menyapih Rena, karena kandungan saya (usia 6-7 mingguan) kadang
mengalami kontraksi dan DSOG sudah wanti2 untuk segera menyapih dia. Wah,
ternyata dengan belajar menginformasikan issue ini ke Rena, hanya butuh 2
hari 1 malam untuk dia say good bye dengan ASI, jauh lebih cepat dari yang
saya kira :)

Once again, saya yang paling tahu cara mengkomunikasikan issue ini untuk
Jovan & Rena karena saya lebih tahu personality mereka. Biasanya dengan
'mind set' ini, keluar deh nanti ide2 kreatif dari ortu untuk menyapih si
kecil, tentunya dengan cara2 yang tidak 'melukai' perasaan kedua belah pihak
:)
At least, 2.5 tahunan lagi saya akan pakai cara 'menyapih' yang sama untuk
si kecil yang ada dalam kandungan saya sekarang (kemungkinan besar plus
tambahan ide lainnya karena dia so pasti punya personality berbeda dengan
kakak2 nya :)

good luck, ya pak
Sylvia - Jovan & Rena's mum with 17-week-'bump'