Mbak sharing pengalamannya lepas spiral dong, rencana bulan ini mau
lepas spiral kata temen2ku kalo mau lepas mesti lagi haid apa bener?
Trus sakit gak ya? Jadi deg-degan nih

-----Original Message-----
From: Habib & Ivy Baehaki [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, July 26, 2007 1:41 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] Alat KB Spiral

Mbak, saya pemakai konrasepsi IUD /spiral.
Kalau soal proses pemasangan, baik Copper T maupun Nova T nggak ada
bedanya.
Kita disuruh ngangkang, kaki dicangklong, terus mulut rahim dibuka pake
ganjel gitu lalu ada kerasa mules sedikit... udah deh beres. tapi soal
sakit
nggak nya, tergantung pribadi banget, sih.... karena ada temenku,
padahal
dia dokter, lho... waktu pasang IUD dia sampai dibius total, soalnya
sakit
banget kata dia. Buatku sih nggak sakit tuuuuh....  masih jauh lebih
sakit
melahirkan deh.

Kalau masalah sepanjang pemakaian...
Dulu pertamakali pake, aku pake Copper T. Ternyata nggak cocok kayaknya
sama
aku.
Soalnya kalau mau haid jadi sakiiiit... sakitnya minta ampun sampai ke
urat-urat kaki pada ketarik semua rasanya. Kadang kalo sakitnya lagi
menyerang, di manapun maunya jongkok sambil melingker megangin perut
yang
sakiiit sekali. Trus juga haidku jadi panjang banget, dan banyak banget
kayak orang keguguran.... sampai 15 harian, tapi darahnya segar gitu
warnanya...
Akhirnya setelah melalui beberapa kali masalah, aku minta lepas sama
dokter,
tapi berhubung daku nggak mungkin kalo nggak KB (secara daku termasuk yg
tipe biar cuma dicolek juga bisa hamil... hehehe), sementara aku nggak
bisa
pake yang hormonal seperti pil / suntik(karena pernah punya tumor
payudara,
juga aku amat sangat berbakat gemuk) jadi dokter tetap menyarankan pakai
IUD.
Trus IUD ku diganti jenisnya, namanya Nova T. Alhamdulillah yang ini
nyaris
nggak ada efek samping. asik-asik aja, gitu loh... hehehe... tapi 3
tahuan
mesti kontrol, aku tahun lalu kontrol sekalian minta buka dan ganti yang
baru, tapi berhubung di tempat tinggalku sekarang nggak ada jenis Nova
T,
aku diganti pakai MULTILOAD, konon menurut dokter, barangnya sama dengan
Nova T, tapi merknya aja yang lain karena beda pabrik.
Alhamdulillah sama Multiload ini aku juga cocok...

Sekian sekilas info...

hehehe...