Ya kalau udah dikasih ya mesti usaha lebih alot lagi buat nambah rezeki. Ini
mah beda dong dengan niat mau nambah anak terus tiap tahun sampai anak
jumlahnya 10 terus habis itu bingung gimana mau nyari rezeki buat makan
anak2. Lha ya kan banyak kasus, jumlah anak banyak tapi pusing cari duit
tambahan. Contoh nyata tukang kebun yang sring kerja di rumah saya, anak 4,
istri 1, tiap bulan pusing, jangankan sekolah, buat maakan aja kadang gak
ada. Anak2nya usianya antara 2 sampai 11 tahun. Apakah anak2nya sekolah?
Udah putus tuh sd. Apakah dapet pendidikan agama yang bener? enggak tuh.
Jadi gak mesti nambah anak terus langsung rejeki nambah. Ihktiar tetep, doa
juga kenceng. Doa doang gak pake ikhtiar/usaha juga percuma.

Kalau kasusnya jeng Ning, yang kebobolan mah beda perkara, itu rezeki, kalo
dah jadi, ya mesti dipertahankan dan sebagai orangtua mesti lebih giat
ikhtiar cari rezeki.

Jadi menurut saya sih, maaf nih pak Dwi dan Kang Rahman, tiap-tiap kasus
berbeda, tapi kita sebagai orangtua, anak itu amanah, kita harus berusaha
memberikan terbaik. Allah Maha Kaya, tapi rezeki mesti dijemput, dan kita
juga bisa ngukur baju di badan, maksud saya, dengan usaha yang kita punya,
kita bisa 'ngira2' rejeki kita dapetnya berapa sih tentu saja kira2nya dalam
waktu dekat, misal, gaji kita berapa, akan naik jadi berapa. Dari situ kita
bisa perkirakan, bisa nanggung anak berapa nih, misal bisa 3. tapi koq ya
kebobolan jadi 4, ya udah, kita kurangi aja ekpektasi kita, misal dari sd
swasta jadi sd negeri, tapi 4 anak sekolah semua, dari les piano (misalnya)
jadi dikurangi jadi gak les biar 4-4 nya dapet pendidikan yang sama sampai
jenjang tertinggi yang bisa kita biayai.

So, kembali lagi, setiap orangtua, setiap keluarga, setiap rumahtangga pasti
punya masalah, patokan, prinsip yang beda2. Sekarang gimana caranya aja
memberikan yang terbaik buat anak2 sehingga masa depan mereka lebih baik
daripada kita.

Mama Nayma
belum dikasih anak kedua, mungkin Allah belum lihat kami mampu ya...hiks.
Padahal pengen bangeeeet.