From: "Noni @ BIP" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Wednesday, August 22, 2007 6:53 AM
Subject: Re: [balita-anda] akibat paksaan membaca sejak dini.

***********-***********

gaya bahasanya kok mirip...
mmm...

  ----- Original Message -----
  From: Dody.Dony
  To: balita-anda@balita-anda.com
  Sent: Tuesday, August 21, 2007 9:41 PM

  ***********-***********

  Halo mbak Ira.

  Wah, jadi seru gara-gara postingan awal saya nih.
  Saya setuju dengan mbak Ira, DULU.

  Sekarang ternyata perkiraan saya terbukti tidak tepat.
  Tentunya setelah tahu banyak fakta dan data dari Parent Class, jadi
  bukan "menurut saya", kalau saya gak tahu apa-apa....

  Juga kemarin banyak ngobrol dengan pak Ibnu (terimakasih bu Nuraini
  sudah mengingatkan), yang ternyata beliau semasa kuliah di Jepang banyak
    berinteraksi (malah sering ngajar ya bu Nuraini?) dengan TK dan SD,
  dan di Jepang pada saat kelas 2 SD baru diajari membaca, yang selama ini
  kita pahami sebagai melantunkan kata.
  Kalau gak salah dulu bu Nuraini pernah posting tulisan pak Ibnu tentang
ini.

  Memang dilematis, sementara kita ingin anak tidak hanya bisa melantunkan
  kata tapi juga memahami isi bacaannya, tetapi sekolah menuntut anak bisa
  membaca dengan lancar, padahal dari bukti sudah jelas, pemahaman
  membacanya SANGAT rendah.

  Jadi, metode membaca yang dimaksud bu Nuraini sedikit berbeda dengan
  membaca melantunkan kata, seperti yang kita kenal selama ini.
  Jadi mbak Ira, bukan pada peran orang tua utk membantu anak memahami
  bacaan, tapi metodenya yang harus kita perbaiki.
  Lha kalau di negara lain anak2 kecil (3 tahun) sudah bisa/lancar
  membaca, kok ternyata tidak dengan di Jepang, ya?.
  Tapi anak2 SD Jepang katanya jago ngarang.

  Jadi, mana yang benar, ya dicari saja, saya ngikut yang bener saja,
  karena saya bukan ahli dibidang itu.
  Hanya kenyataan bahwa anak2 di negara kita bisa tertinggal begitu
  jauh....tanya ken..napa.....

  Wassalam