To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Wednesday, August 22, 2007 10:13 AM
Subject: Re: [balita-anda] Prihatin dengan penculikan Raisya

Wah, brilian banget nih idenya, Pak. Te O pe deh...betul banget. Tapi
kasusunya Raisya Ali itu termasuk nekat lho, wong lagi dibonceng ama
pembantunya naik motor, eh diberhentika ama 4 pria, dan diancem pembantunya,
terus anaknya ditarik masuk mobil. Serem....

On 8/22/07, Erik <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Bunda Shafia,

trigraha wrote:
> Minta pendapat donk....parents....sebaiknya kita harus
> bagaimana menjaga anak kita dijaman sekarang ini. Makasih
> banyak sebelumnya....

Dulu saya pernah posting brosur tentang bagaimana cara-cara
melindungi anak-anak dengan partisipasi si anak. Nanti saya cari,
mudah-mudahan ada di CD back-up kantor lama.

Salah satunya, untuk menghindari anak dijemput atau diajak oleh
orang yang tidak dikenal adalah dengan menentukan password.
Misalnya, bila password-nya adalah 'kucing belang'. Jika ada
orang yang mengatasnamakan orang tua (menjemput, mengajak
jala-jalan, meminta masuk rumah, dll.), si anak tidak akan
menuruti kemauan orang tersebut jika orang itu tidak bisa
menyebutkan passwordnya

Orang Tidak Dikenal (OTD)
Anak (A)

OTD : Dek, Mama kamu menyuruh Oom jemput kamu!
A   : Baik, tapi Oom sebutkan dulu password-nya!
OTD : Kucing Garong (atau kata-kata lain yang salah misalnya).
A   : Maaf, saya tidak bisa ikut!

Password ini hanya orang tua dan anak saja yang tahu. Orang tua
harus melakukan simulasi atau role-play untuk melatih penggunaan
password ini.

Regards,
Erik