Morning juga,

Saran saya sih cuma satu, ke dokter aja ya, Pak......berikut ini artikel
yang saya dapet:
 Keputihan pada Perempuan

 Keputihan (*leukorea*, *white discharge*, *fluor albus*) adalah gejala
penyakit yang ditandai oleh keluarnya cairan dari organ reproduksi, dan
bukan berupa darah. Keputihan merupakan salah satu alasan yang paling sering
mengapa perempuan memeriksakan diri ke dokter, khususnya dokter ahli
kebidanan dan penyakit kandungan.
 Dapat dibedakan antara keputihan yang normal dan yang tidak normal.
 Keputihan normal ditemukan pada:

   - Bayi yang baru lahir sampai umur kira-kira 10 hari, yaitu akibat
   pengaruh hormon estrogen ibu terhadap rahim dan vagina janin, saat janin
   masih di dalam kandungan.
   - Saat mengalami haid yang pertama kali, keputihan akan hilang
   sendiri, akan tetapi dapat menimbulkan keresahan pada orang tuanya.
   - Perempuan dewasa apabila ia dirangsang waktu senggama, akibat
   pengaruh ransudasi dari dinding vagina.
   - Masa subur perempuan, karena kadar hormon estrogen meningkat.
   - Penderita penyakit menahun dengan kelainan jiwa neurosis.

Penyebab paling sering dari keputihan tidak normal ialah infeksi. Disini
cairan mengandung banyak sel darah putih dan warnanya kekuning-kuningan
sampai hijau, sering kali lebih kental dan berbau. Organ perempuan yang
dapat terkena infeksi adalah vulva, vagina, leher rahim, dan rongga rahim.
 Infeksi ini dapat disebabkan oleh:

   1. Kuman (bakteri). *Gonococcus*, yaitu penyakit kelamin, nanah
   berwarna kekuningan (sel darah putih yang mengandung kuman *Neisseria
   gonorrhoea*, pasangan dua-dua dalam sitoplasma sel). *Chlamydia
   trachomatis*, sering menyebabkan penyakit mata trakhoma. *Gardnerella
   vaginalis*, yang menyebabkan peradangan vagina tak spesifik, biasanya
   mengisi penuh sel-sel epitel vagina membentuk bentuk khas *clue* *cell
   *. Ini menghasilkan asam amino yang akan diubah menjadi senyama amin
   bau amis, berwarna keabu-abuan. *Treponema vallidum*, penyebab
   penyakit kelamin sifilis. Sering ditandai adanya penyakit jengger ayam di
   kemaluan.
   2. Jamur, dari spesies kandida. Cairannya kental, berwarna putih susu
   (sering membentuk kepala susu), gatal. Vagina kemerahan akibat radang.
   Penyakit jamur banyak terjadi pada kehamilan, kencing manis, menopause,
   kegemukan, dan akseptor pil KB.
   3. Parasit, dengan penyebab keputihan terbanyak adalah *Trichomonas
   vaginalis*. Cairannya banyak, berbuih seperti air sabun dan bau, tidak
   terlalu gatal, vulva kemerahan, nyeri bila ditekan atau perih bila buang air
   kecil. Pada anak-anak bisa disebabkan karena parasit lain seperti *
   ?nterobiasis*, gatal sering digaruk sampai luka.
   4. Virus. Ini sering disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) dan
   Herpes Simpleks. HPV sering ditandai dengan kondiloma akuminata / tumbuhan
   seperti jengger ayam, cairan berbau, tanpa rasa gatal. Gambaran klinis lebih
   buruk bila disertai gangguan sistem kekebalan tubuh seperti: kehamilan,
   pemakaian ?ontikosteroid jangka lama dan AIDS.

Penyebab lain dari keputihan selain infeksi adalah:

   1. Kelainan alat kelamin didapat atau bawaan. Adanya fistel
   ?esikovaginalis atau adanya saluran yang menghubungkan kandung kemih dan
   vagina atau adanya saluran yang menghubungkan antara rektum dan vagina,
   akibat cedera persalinan, operasi pengangkatan rahim, radiasi pada kanker
   organ reproduksi atau akibat kanker itu sendiri.
   2. Benda asing. Terjadi akibat kotoran tanah atau biji-bijian pada
   anak-anak atau tertinggalnya kondom atau benda lain yang dipakai waktu
   senggama, atau akibat karet pengganjal yang digunakan untuk mencegah rahim
   turun.
   3. Kanker. Keputihan juga ditemukan paka tumor ganas. Sel tumbuh
   sangat cepat secara abnormal dan mudah rusak, akibatnya terjadi pembusukan
   dan pendarahan. Cairan banyak, bau busuk, sering disertai darah tak segar.
   4. Menopause. Pada menopause sel-sel dan vagina mengalami hambatan
   dalam pematangan sel akibat tidak adanya hormon pemacu, estrogen. Vagina
   kering, sering timbul rasa gatal karena tipisnya lapisan sel sehingga mudah
   luka dan timbul infeksi penyerta.

Bila keputihan tidak segera diobat akan timbul penyakit radang panggul yang
berlarut-larut dan dapat menyebabkan kemandulan (infertilitas) karena
kerusakan dan tersumbatnya saluran telur. Dilaporkan juga bahwa keputihan
pada kehamilan dapat menyebabkan persalinan prematur dan kelahiran bayi
dengan berat lahir rendah.

Suatu keputihan yang tidak sembuh dengan pengobatan biasa (antibiotik dan
anti-jamur) harus dipikirkan keputihan tersebut disebabkan oleh suatu
penyakit keganasan seperti kanker leher rahim.

Kiat menjaga kebersihan alat kelamin luar pada perempuan

Menjaga kebersihan alat kelamin luar pada perempuan sangat penting dalam
upaya mencegah timbulnya keputihan dan juga mencegah Penyakit Menular
Seksual (PMS). Kulit daerah alat kelamin dan sekitarnya harus diusahakan
agar tetap bersih dan kering, karena kulit yang lembab / basah dapat
menimbulkan iritasi dan memudahkan tumbuhnya jamur dan kuman penyakit.
Keadaan ini dapat dicapai dengan mengeringkan kulit dengan handuk atau tisu
bila berkeringat atau setelah buang air.

Agar tidak terjadi infeksi dari mikroorganisme yang berasal dari anus/dubur
dianjurkan untuk cebok dari arah depan ke arah belakang.

Terlalu sering melakukan douche (mencuci/membilas) vagina dengan larutan
antiseptik dapat merugikan, karena akan menghilangkan cairan vagina yang
normal dan dapat mematikan bakteri alamiah di dalam vagina. Keadaan ini akan
lebih merangsang pengeluaran cairan vagina. Pemakaian deodoran, douche,
bahan spermisidal, atau bahan lain yang dimasukkan ke dalam vagina dapat
mengakibatkan alergi dan iritasi pada vagina sehingga dapat juga timbul
keputihan. Mencuci alat kelamin bagian luar cukup dengan air dan sabun mandi
biasa saja.

Pengobatan infeksi juga diberikan kepada suami, untuk menghindari fenomena
ping pong atau kambuh-kambuhan.

oleh *dr Junita Indarti, SpOG*

On 10/24/07, B. @60 .ES <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Moning mom & dad,
>

> Mungkin sebelum nya topik ini sudah pernah di bahas tentang " BALITA 2
> TAHUN
> KEPUTIHAN ", please apa yach obat keputihan untuk BALITA 2 th  ????
>
> Salwa (2 th) mengalami keputihan sampai kental sekali, saya sudah cari
> obatnya ke apotik tapi solusi nya harus ke dokter.
>
> Mungkin ortu BA ada yang pernah mengalami puteri BALITA nya keputihan ??
>

> Salam,
>
> B. 460 .ES

> IMPORTANT - This email and any attachments may be confidential and
> [...]

Kirim email ke