Hi pak Ali,

Migraine ibu hamil kadang bisa dibilang lumrah, pak.  Ada info yang bilang
memang wanita lebih rawan 'migrain' dibanding pria, bahkan wanita yang
justru baru pertama kali ngalamin migrain saat dia hamil.
Ini bisa macam2 penyebabnya, mulai dari perubahan hormon selama kehamilan,
atau bisa juga karena kelelahan, stress, dehidrasi, efek makanan yang
dimakan, dll.

Selama migraine nggak sering berulang,  atau ada pengaruhnya ke kondisi
tubuh (mis. sampai demam atau kabur pandangan matanya), mungkin ini hanya
efek temporer dari kelelahan saja.  Coba observe juga makanannya, info lain
bilang kalau makanan ber-MSG, cokelat, keju, atau minuman berkafein bisa
jadi 'trigger' migrain ibu hamil.  Coba batasi dulu untuk sementara asupan
seperti ini.
Kalau memang terus-terusan berulang, padahal relaksasi atau istirahat sudah
dilakukan, bisa konsultasikan ke DSOG yang menangani kehamilan istri bapak
untuk dicari penyebabnya dan sekaligus treatmentnya.

Ini calon anak yang ke-3, ya pak?  Sama seperti saya, saat ini sedang hamil
dan 2 kakaknya masih balita, wah... memang jadi lebih 'exhausted' dibanding
kehamilan yang dulu :)
So, kalau memang penyebab migrain setelah di-observe memang betul karena
ini, mungkin istirahat sebentar dari rutinitas atau 'manjain' istri dengan
aktifitas atau sesuatu yang dia sukai bisa jadi obat 'migrain' yang sangat
ampuh ... that's what husbands are for, right ? ;)

cheers,
Sylvia - Jovan & Rena's mum with 31-week-'bump'