Rekans milist,
Semua posting yang masuk tentang pertanyaan saya diatas sudah saya forward ke rekan
saya dikantor . Dia terima kasih banget dan sempet kaget ... "ella cepet banget .."
Makasih yah atas pencerahannya . Summary nya dibawah ini.

Q:
Moms and dads,
Ini ada pertanyaan titipan dari rekan kantor ku.
Istrinya lagi hamil muda dan kebetulan suka sekali minum teh ato kopi. Boleh gak yah
.. minum-minuman seperti itu dikala hamil

Postingan pencerahan:

Dear Mbak Ella,

sebaiknya hindari deh minum kopi, soalnya kopi bisa bikin hipertensi dan
sakit jantung lho..takutnya nanti darahnya tinggi tapi sesekali misal 3 hari
atau 4 hari atau bahkan seminggu (kalau bisa) nggak apa2 sih pokoknya jangan
sering sering deh...
Kalau minum teh sih nggak masalah...apalagi teh hangat perlu banget tuh di
saat mual....bisa menghilangkan rasa mual...

WRgrds,
Lilis

----------------------------

Hi Ella,

kalo menurut dsog ku sih nggak papa asal jangan banyak2 (yah...kita bisa kira2 sendiri
lah banyak/sedikitnya kayak apa)
max. 1 cangkir kecil sehari.  fyi, waktu aku hamil ke 2, 2 hari sekali minum kopi krim
nggak pernah minum
teh abis nggak doyan siih...kecuali kalo teh botol lho :D

sorry ya kalo nggak berkenan.  setau saya setiap dsog pasti pendapatnya beda2

Jasmine (ibunya Ayya & Ariseto)

dari literatur yg aku baca katanya  sih bukannya nggak boleh tapi nggak baik
untuk janin krn mengandung caffeine, kalaupun udah addict ya mesti dikurangi
porsinya kalau bisa nggak melebihi secangkir sehari..
tapi tetangga sebelah meja aku di kantor yg menyebalkan itu tuh (masih bete
nih) waktu hamil rutin minum kopi krn udah addict jadi susu ibu hamil aja
dicampur kopi. anaknya terlihat fine fine aja gemuk seperti emaknya hahaha,
ASI esklusif lagi tanpa formula, nggak tau deh mungkin tergantung orangnya
juga  kali ya

ade

menurut SpOG isteri saya dulu, teh dapat menghalangi penyerapan zat besi yg
diperlukan utk janin.
kopi dan coka=cola juga dilarang.

Regard,

Albertus Setya Budhi (Tyok)