To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Friday, November 16, 2007 2:58 PM
Subject: Re: [balita-anda] Mempercepat Proses Kelahiran

Lho piye ya, setahuku itu bayi dilahirkan lebih cepat bukan dengan
alasan takut BB naik tapi karena takut keracunan ketuban/denyut
jantung bayi melemah dan kasus2 lainnya, adik bungsu saya dulu udah 42
minggu di kandungan, terus ibu saya mules, karena drnya lagi hectic
banyak jerjaan, dikasih obat apa gitu saya gak jelas, jadi mulesnya
hilang, terus pulang, eh udah 3 hari kemudian, gak ada gerakan, dibawa
ke dokter, adik saya sudah meninggal keracunan ketuban. jadi ibu saya
selalu wanti2, kalo udah 42 minggu belum ngajak lahiran, sebaiknya
diinduksi supaya mencegah yang hal2 tidak diinginkan.

Kalau bb di atas 4 kg sih tergantung body ibunya, panggulnya cukup
atau enggak, banyak koq ibu2 yang bisa lahiran normal dengan BB bayi
di atas 4 kg. Tapi ada juga yang gak bisa, apalagi tipe yang mungil2
gitu....mesti di-caesar, (dsog/bidan bisa koq ngitungin ukuran
panggulnya berapa terus dicocokan dengan BB bayi, bisa muat atau
enggak).

hope it helps ya

mama Nayma
caesar di usia kehamilan 38 minggu dengan BB 3.5 kg.